Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/06/2014, 12:05 WIB
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Setelah diperkenalkan di ajang BlackBerry Experience pada Mei lalu, layanan pesan instan BBM Protected resmi diluncurkan oleh BlackBerry pada Senin (16/6/2014).

BBM Protected adalah layanan pesan instan yang diklaim BlackBerry super aman. BBM Protected menjadi bagian dari layanan eBBM Suite yang ditujukan bagi pelanggan korporat BlackBerry.

Dikutip dari blog resmi BlackBerry, BBM Protected tak ubahnya seperti layanan BBM pada umumnya, hanya saja lapisan enkripsinya ditambah. Enkripsi tersebut berupa kode unik yang hanya bisa dikenali oleh pengirim dan penerima pesan.

BlackBerry mengatakan bahwa tiap pesan tersebut juga menggunakan kode symetric random dalam enkripsi pesannya. Karena itu, jika satu kode bisa ditembus, maka semua pesan akan tetap aman.

BBM Protected juga terintegrasi dengan BBM standar. Artinya, pengguna bisa berkomunikasi dengan kontak BBM lain secara lebih aman.

Sayangnya, aplikasi BBM Protected ini belum bisa dicoba oleh semua orang. Menurut BlackBerry, saat ini baru pengguna perangkat BBOS yang menjalankan BES 5 saja yang bis menggunakannya.

BBM Protected juga baru bisa diunduh oleh pengguna smartphone BlackBerry 10 dengan lisensi gold yang menjalankan modus Work Space EMM.

Ke depannya, BlackBerry akan menyediakan BBM Protected untuk siapa saja yang ingin membelinya, termasuk untuk platform iOS dan Android.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.