Smartfren Gelar Lomba Bikin Aplikasi Android

Kompas.com - 17/06/2014, 15:04 WIB
Kepala Produk Ponsel Pintar Smartfren, Sukaca Purwokardjono Aditya Panji/KompasTeknoKepala Produk Ponsel Pintar Smartfren, Sukaca Purwokardjono
Penulis Aditya Panji
|
EditorWicak Hidayat
JAKARTA, KOMPAS.com - PT Smartfren Telecom, Tbk., menggelar kontes bernama Olymplication. Sebuah kontes pengembangan aplikasi Android. Kontes ini diselenggarakan dengan menggandeng Asosiasi Android Indonesia (Asanda) dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) beberapa kampus.

“Kontes ini kami selenggarakan dengan melihat bahwa pentingnya industri seluler, terutama operator, dalam mendukung dan memajukan industri aplikasi dalam negeri," ujar  Sukaca Purwokardjono, Head of Smartphone Smartfren.

Sukaca menjanjikan, aplikasi para pemenang akan langsung disertakan (pre-install) dalam perangkat Andromax terbaru yang akan datang.

Kontes aplikasi ini bisa diikuti oleh tim (4 orang) yang sudah mendaftarkan diri lewat email olymplication@smartfren.com paling lambat 30 Juni 2014. Perwakilan Smartfen akan menghubungi peserta untuk mempresentasikan aplikasinya di hadapan juri yang terdiri dari perwakilan Kementrian Pendidikan, Universitas, Smartfren, Google, Android Community, dan Media.

Pihak Smartfren mengatakan akan menilai aplikasi berdasarkan orisinalitas (belum pernah dipublikasikan sebelumnya), pemenuhan kebutuhan konsumen, kemudahan penggunaan, memaksimalkan fitur Android, serta harus dapat digunakan pada perangkat seri Andromax dari Smartfren.

Terdapat 10 topik aplikasi yang bisa diajukan:

  1. Education
  2. Business & Finance
  3. Government
  4. SME
  5. Tourism
  6. Agriculture
  7. Religion
  8. Automotive
  9. Community
  10. Oil & Gas
Selain disertakan dalam Andromax yang akan datang, pihak Smartfren juga menjanjikan hadiah yang totalnya mencapai nilai ratusan juta rupiah.

Untuk meningkatkan wawasan para peserta, Smartfren mengadakan seminar “Technopreuneurship with Android”. Seminar ini akan menjelaskan persyaratan FICO (Functional, Innovative, Creative, dan Original) bagi calon peserta lomba.  

Seminar diadakan hingga tanggal 23 Juni 2014 di beberapa universitas yang ada di Jakarta, Bandung, Surabaya, Malang, Jogjakarta, dan Semarang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jadwalnya adalah sebagai berikut:
- 11 Juni 2014 UIN Sunan Kali Jaga Yogyakarta
- 12 Juni 2014 Universitas Teknologi Yogya
- 14 Juni 2014 Universitas Gajah Mada Yogyakarta
- 16 Juni 2014 Universitas Negeri Jakarta
- 17 Juni 2014 Yayasan Akutansi Indonesia (YAI) Jakarta
- 18 Juni 2014 ITENAS Bandung
- 20 Juni 2014 Universitas Parahyangan Bandung
- 21 Juni 2014 Institut Teknologi Sepuluh November
- 23 Juni 2014 di Universitas Dian Nuswantoro SemarangDapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.