Kompas.com - 18/06/2014, 08:05 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Ketika pabrikan gadget lain sibuk memasuki dunia otomotif, Samsung mengambil langkah yang sedikit berbeda. Perusahaan asal Korea Selatan ini membikin purwarupa "sepeda pintar" yang dibekali aneka macam kelengkapan canggih.

Sebagaimana dikutip dari SlashGear, sepeda Samsung yang berbuah dari hasil kerjasama dengan Maestros Academy Italia itu memiliki frame aluminium melengkung yang menyerap guncangan.

Fasilitas-fasilitas si sepeda pintar mencakup GPS dan kamera yang menghadap ke arah belakang. Pengguna bisa memantau video feed dari kamera itu lewat smartphone yang ditaruh di tempat khusus di bagian kemudi.

Ada pula laser yang diproyeksikan ke jalanan membentuk "jalur" sepeda yang bisa dilihat oleh pengguna jalan lain. Tujuannya agar si pengendara sepeda tidak ditabrak oleh kendaraan yang lewat di dekatnya.

Yang membuat sepeda ini "pintar" adalah sebuah komputer berbasis Arduino. Dengan menyambungkannya ke smartphone, pengguna pun dapat melihat siapa saja yang berada di sekeliling, bahkan meng-update status lewat media sosial.

Masih belum jelas apakah sepeda ini bakal benar-benar memasuki pasaran atau tidak. Sementara menunggu, Samsung telah membuat video penjelasan konsep sepeda pintar yang bisa disimak di bawah.

  

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber SlashGear


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.