Kompas.com - 18/06/2014, 09:46 WIB
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Teknologi pengenal suara, Siri memang dipopulerkan oleh Apple. Namun teknologi yang digunakan oleh Siri tersebut pada dasarnya diciptakan oleh perusahaan Nuance.

Belakangan, beredar kabar Samsung berminat untuk membeli perusahaan yang berbasis di Burlington, Massachusetts tersebut.

Kabar rencana akuisisi Nuance oleh Samsung tersebut pertama kali disebutkan oleh sumber internal Nuance kepada The Wall Street Journal (16/6/2014).

Selain membuat teknologi berbasis suara yang digunakan untuk perangkat smartphone, Nuance juga membuat perangkat televisi dan GPS.

Pada September lalu, Nuance juga telah mengumumkan bahwa teknologi suara dan bahasanya akan ditanamkan dalam perangkat-perangkat Samsung, seperti smartphone, tablet, wearable device, hingga TV.

CMO Nuance, Peter Mahoney, dalam sebuah wawancara dengan ReadWrite beberapa bulan lalu juga mengatakan perusahaan saat ini sedang membuat agar teknologi suaranya bisa lebih mengalir dan lancar.

"Dialog itu sangat penting," ujar Mahoney. "Dalam sistem biasa, fungsinya seperti mesin pencari, namun kadang hasilnya tak seperti yang kita harapkan, kami ingin menyempurnakannya," imbuhnya.

Cara Nuance untuk meningkatkan kemampuan teknologi suara yang sering dijadikan aplikasi asisten pribadi adalah dengan mempelajari perilaku manusia lebih baik lagi.

Artinya, Nuance ingin mendorong sistemnya agar bisa menyimpan lebih banyak lagi data dan mempertimbangkan beragam informasi kontekstual sebelum menyimpulkan dan memberi jawaban.

Selain Samsung, teknologi buatan Nuance juga telah dipakai oleh perusahaan elektronik besar lain, seperti Nintendo dan Panasonic.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.