Kompas.com - 18/06/2014, 11:34 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
Nokia 8110

KOMPAS.com - Nokia adalah nama yang melegenda di dunia ponsel. Sayangnya, cerita brand asal perusahaan Finlandia itu agaknya bakal segera tamat, setidaknya sebagai merek smartphone.

Sebuah bocoran dokumen Microsoft yang dilansir oleh VentureBeat menunjukkan bahwa akhir riwayat merek Nokia sudah ditentukan.

"Microsoft bisa tetap menggunakan merek Nokia untuk perangkat Lumia selama 18 bulan ke depan (semenjak penutupan akuisisi Nokia oleh Microsoft)," tulis dokumen yang dibocorkan oleh evleaks itu.

Dokumen juga menyebutkan bahwa Microsoft masih bisa menggunakan brand Nokia untuk perangkat Nokia X hingga akhir 2015. Brand Nokia juga bisa digunakan untuk ponsel bikinan Microsoft hingga 10 tahun ke depan, tetapi dibatasi hanya bagi feature phone.

Berarti, merek Nokia akan segera menghilang dari muka ponsel pintar berbasis Windows Phone (Lumia) yang diproduksi oleh Microsoft selaku pemilik baru divisi handset Nokia.

Meski demikian, Microsoft menyatakan bakal tetap membuka toko-toko ritel dan pusat servis Nokia untuk saat ini.

Microsoft mengumumkan rencana akuisisi atas divisi handset Nokia pada September 2013. Proses pembelian itu telah dirampungkan pada April 2014. Divisi handset Nokia dinamai ulang menjadi Microsoft Mobile.

Di samping hak sementara atas brand ponsel "Nokia", Microsoft juga memiliki sejumlah merek dagang lain dari perusahaan yang dibelinya tersebut, termasuk "Asha", "Lumia", dan "PureView".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.