Kompas.com - 18/06/2014, 13:35 WIB
Paten cover pintar baru Apple Apple InsiderPaten cover pintar baru Apple
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
Paten cover pintar baru Apple

KOMPAS.com - Untuk menemani perangkat tablet iPad buatannya, Apple menyediakan aksesoris bernama SmartCover. Pelengkap ini hanya berupa penutup layar yang dilekatkan dengan magnet.

Belakangan muncul kabar bahwa produsen gadget itu sedang menyiapkan aksesoris baru berupa "penutup pintar" yang tak hanya melindungi layar, namun juga mampu menampilkan hal-hal seperti notifikasi e-mail masuk di permukaannya.

Hal tersebut nampak dalam dokumen paten Apple yang dilansir Daily Mail dari Apple Insider, sebagaimana terlihat pada gambar di atas.

Notifikasi ditampilkan secara visual di permukaan cover dengan lampu-lampu LED terintegrasi. Sumber listrik diambil bukan dari iPad, melainkan baterai yang turut ditanamkan pada aksesoris penutup pintar sehingga tak memboroskan baterai tablet.

Bagian tengah cover dibuat transparan untuk menampilkan notifikasi. Tempat menampilkan notifikasi ini bisa dibuat agar berbeda-beda tergantung jenisnya.

E-mail penting, misalnya, bisa ditandai dengan "icon" surat (dibentuk oleh deretan lampu LED) yang muncul di sisi atas cover. Sementara, notifikasi SMS masuk akan muncul di bagian bawah.

Tombol pengatur volume suara pada iPad bisa dipakai untuk melakukan scrolling notifikasi yang muncul pada cover.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan begini, diharapkan aksesoris penutup cerdas bisa berguna untuk pengguna iPad yang senantiasa menenteng gadget itu di tangan.

Belum diketahui apakah aksesoris dalam paten ini akan benar-benar terwujud dalam bentuk produk jadi atau tidak. Ada dugaan bahwa si cover pintar akan muncul mendampingi peluncuran iPad baru pada September mendatang.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Daily Mail
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.