Kompas.com - 18/06/2014, 18:00 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
JAKARTA, KOMPAS.com - Ternyata bukan hanya layar resolusi tinggi dan kamera dengan autofokus gegas saja yang dibenamkan LG pada smartphone andalan barunya,  G3.

Pabrikan asal Korea Selatan ini juga berencana menerapkan fitur sekuriti berupa "tombol anti maling" alias kill switch yang bisa mematikan ponsel apabila dicuri orang.

Hal tersebut diungkapkan oleh Head of Product Marketing Mobile Communication Division PT. LG Electronics Indonesia Adinda Nesvia,  saat menjelaskan kemampuan LG G3 dalam acara peluncuran di Jakarta,  Rabu (18/6/2014).

"Pengguna bisa mematikan G3 secara remote. Akan muncul kesan bahwa percuma saja mencuri G3 karena akhirnya bakal tidak bisa dipakai atau dijual, " kata Adinda.

Menurut Adinda,  kill switch pada G3 bukan sekedar menghapus memori perangkat,  namun benar-benar membuat perangkat tersebut menjadi tidak bisa digunakan sama sekali.

Fitur ini memang ditujukan sebagai semacam penangkal untuk menghadapi pencurian smartphone yang makin marak.  Harapannya,  dengan keberadaan kill switch,  orang yang berniat jahat akan urung melakukan aksinya karena tahu perangkat (G3)  hasil curian tak bisa dipakai atau dijual kembali.

Bentuknya sendiri bukan berupa "tombol"  sungguhan yang bisa disentuh secara fisik, melainkan layanan berbasis web yang bisa diakses pengguna apabila kehilangan perangkatnya.

"Fitur ini merupakan hasil kerjasama dengan McAfee. Nantinya pengguna bisa mendaftar,  misalnya dengan memakai e-mail.  Namun untuk sementara ini kill switch belum kami terapkan," ujar Adinda.  Dia tak menjelaskan kapan persisnya pengguna LG G3 bisa mengakses fitur ini.

Kelak,  ketika sudah digelar,  Adinda berharap kill switch setidaknya bisa membantu pengguna dalam mencegah data-data penting yang berada dalam smartphone agar jangan sampai jatuh ke tangan orang lain.

"Habisnya kan terlalu banyak rahasia di sini (smartphone)," kata Adinda berkelakar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.