Ada 250 Ikon Baru untuk Ekspresikan Emosi

Kompas.com - 19/06/2014, 07:55 WIB
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Emoji telah menjadi bagian dari keseharian. Ideogram atau smiley yang digunakan untuk mempertegas emosi saat berkomunikasi via teks ini akan diperbanyak lagi jenisnya setelah dilakukan update Unicode.

Pada Rabu (17/6/2014), situs BBC memberitakan bahwa akan ada tambahan 250 simbol emoji baru yang akan hadir di smartphone. Penambahan simbol tersebut mengikuti pembaruan yang dilakukan Unicode Standard ke versi 7.0.

Unicode sendiri adalah sebuah konsorsium yang membuat standar industri komputasi untuk memberikan konsistensi dalam hal encoding dan penyajian teks dalam sistem penulisan di beragam platform komputer.

Dalam blog resmi Unicode, diterangkan bahwa sebagian besar karakter emoji diturunkan dari karakter-karakter lama dan yang banyak digunakan, yang terdapat dalam font Windings dan Webdings. Sebagian besar di antaranya masih berwarna hitam-putih.

Beberapa karakter emoji baru yang diperkenalkan antara lain ikon tupai, merpati, thermometer, tornado, dan sebagainya.

Salam Vulcan yang dipopuler oleh serial Star Trek juga ditambahkan. Totalnya, akan ada sekitar 2.834 karakter baru yang ditambahkan dalam update.

Untuk simbol, akan ada simbol mata uang Ruble Rusia dan Manat Azerbaijan. Selain itu akan ada pula script untuk bahasa Amerika Utara, Tiongkok, India, dan beberapa negara Asia.

Walau makin banyak ikon emoji yang ditambahkan, namun ikon-ikon tersebut masih dikritik karena belum merepresentasikan orang dari berbagai kalangan di seluruh dunia. Pada Maret lalu Unicode mendapat kritikan karena ikon emoji hanya menonjolkan ras kulit putih.

The Unicode Consortium dalam halaman FAQ di situsnya mengatakan sedang mengupayakan agar ikon-ikon emoji tersebut bisa mewakili banyak karakter manusia dari berbagai latar belakang suku dan ras.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber BBC

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.