Tumbang 20 Menit, Berapa Kerugian Facebook?

Kompas.com - 19/06/2014, 17:27 WIB
Pesan error yang ditampilkan Facebook ketika tumbang pada Kamis (19/6/2014) Daily MailPesan error yang ditampilkan Facebook ketika tumbang pada Kamis (19/6/2014)
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
Pesan error yang ditampilkan Facebook ketika tumbang pada Kamis (19/6/2014)

KOMPAS.com — Facebook sempat tak bisa diakses selama lebih kurang 20 menit pada hari Kamis (19/6/2014) sore waktu Indonesia bagian barat, sebelum online kembali sekitar pukul 15.35 WIB.

Periode waktu yang singkat tersebut ternyata menimbulkan kerugian yang tidak sedikit bagi jejaring sosial terbesar di dunia itu.

Data yang dilansir oleh Daily Mail menyebutkan bahwa Facebook menghasilkan pendapatan senilai 15.000 dollar AS dari berbagai sumber setiap 60 detik (1 menit).

Jika pendapatan itu dikalikan dengan lamanya gangguan Facebook hari ini, maka perusahaan pimpinan Mark Zuckerberg itu telah kehilangan pendapatan sebesar 300.000 dollar AS atau sekitar Rp 3,5 miliar dari gangguan kali ini.

Tumbangnya Facebook biasanya hanya berlangsung selama beberapa menit. Kejadian hari ini, menurut catatan The Guardian, termasuk yang paling lama dalam sejarah Facebook.

Jejaring sosial yang dipakai oleh lebih dari 1 miliar pengguna tersebut pernah tumbang selama 4 jam pada Oktober 2013, dan selama 2,5 jam pada 2010. Entah berapa kerugian yang dideritanya ketika itu.

Facebook telah menyampaikan pernyataan resminya soal insiden ini. Baca di: Facebook Sudah Sembuh.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.