RetasBangsa, Kompetisi Aplikasi untuk Bantu Pemerintah

Kompas.com - 20/06/2014, 14:38 WIB
Penulis Aditya Panji
|
EditorWicak Hidayat
JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah sukses menggelar kompetisi pembuatan aplikasi digital untuk solusi di kota Jakarta, blog teknologi DailySocial kembali menggelar kompetisi bikin aplikasi yang diharapkan bisa memberi solusi untuk pemerintah dan masyarakat Indonesia di masa depan.

Kompetisi ini bertajuk RetasBangsa, yang digelar DailySocial bersama Teman Rakyat. Acara ini diselenggarakan di Hotel Ibis Jakarta, Jl. KH. Wahid Hasyim 77, Jakarta, pada 21 dan 22 Juni 2014.

Vice President of Marketing DailySocial, Rahmat Harlyadi mengatakan, ajang ini mengajak para pengembang untuk memberi sumbangsih aplikasi sebagai solusi terhadap pemerintah di berbagai sektor.

"Pengembang bisa membuat aplikasi yang berkaitan dengan penanggulangan bencana, ekonomi dan keuangan, infrastruktur, kesehatan, pendidikan, transportasi, dan lain-lain," ujar Rachmat.

Dalam kompetisi ini, pengembang ditantang merancang dan memprogram aplikasi selama 24 jam untuk berbagai platform, mulai dari perangkat komputer pribadi hingga perangkat mobile iOS, Android, Windows Phone, BlackBerry, dan Firefox OS.

Pengembang dapat memanfaatkan Application Programming Interface (API) dari situs web UKP4 dan situs web pemerintah DKI Jakarta. Bukan hanya itu, pengembang juga dipersilakan menggunakan dataset yang dibuat sendiri atau berasal dari sumber lain yang relevan.

Satu tim pengembang aplikasi maksimal terdiri dari tiga orang dan wajib mendemonstrasikan aplikasi buatannya pada sesi penjurian untuk memerebutkan total hadiah sebesar Rp 30 juta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.