Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jam Tangan Pintar Apple Bukan Cuma Satu Model

Kompas.com - 22/06/2014, 12:28 WIB
Penulis Aditya Panji
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Apple dilaporkan akan memulai produksi jam tangan pintar pada bulan Juli 2014 dan memasarkannya pada Oktober mendatang. Kabar terbaru mengatakan, jam tangan pintar Apple itu akan tersedia dalam beberapa model.

Seorang sumber yang dekat dengan kabar ini mengatakan kepada The Wall Street Journal, bahwa Apple bakal meluncurkan jam tangan pintar dalam beberapa ukuran layar. Bisa jadi, Apple akan membedakan model yang ditujukan untuk laki-laki dan perempuan berdasarkan ukuran layar.

Jam tangan itu akan diproduksi oleh pemanufaktur Quanta asal Taiwan. Untuk satu tahun pertama, Apple berencana mengirimkan 50 juta unit jam tangan pintar ke berbagai negara.

Sumber Reuters menyebutkan, bahwa ada model jam tangan Apple yang dibekali layar 2,5 inci. Perusahaan LG asal Korea Selatan disebut sebagai pemasok eksklusif untuk komponen layar.

Layar pada jam tangan itu akan berbentuk sedikit persegi panjang dengan permukaan yang menonjol. Cara mengoperasikannya dilakukan dengan metode layar sentuh, sementara metode pengisian ulang baterai bisa dilakukan secara nirkabel.

Jam tangan pintar Apple, yang diyakini bernama iWatch, diprediksi punya kemampuan mendeteksi denyut nadi pengguna dan dapat melaporkan informasi kesehatan. Perusahaan Heptagon asal Singapura, dilaporkan sebagai salah satu pemasok komponen sensor denyut nadi itu.

Jam tangan pintar termasuk kategori perangkat yang bisa dipakai di tubuh manusia atau populer disebut wearable device. Lembaga riset IDC memprediksi, pengiriman wearable device pada 2014 berpotensi tiga kali lebih besar dibandingkan tahun 2013.

Sejumlah perusahaan kompetitor Apple, termasuk Samsung dan Sony, lebih dulu meluncurkan jam tangan pintar yang telah memasuki generasi kedua.

Google juga membuat sistem operasi baru untuk wearable device yang diberi nama Android Wear. Motorola dan LG telah berkomitmen untuk meluncurkan jam tangan pintar berbasis Android Wear pada tahun ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca tentang
Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.