Ponsel Android dan Windows “Mati Otomatis” Bila Dicuri

Kompas.com - 23/06/2014, 08:25 WIB
Ilustrasi sistem operasi Android buatan Google ReutersIlustrasi sistem operasi Android buatan Google
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Untuk mengurangi angka pencurian ponsel, Google dan Microsoft menambahkan fitur mati otomatis untuk Android dan Windows Phone.

Fitur tersebut mematikan sistem operasi ponsel sepenuhnya bila dicuri.

Pihak berwenang telah memperingatkan perusahaan pengembang untuk mengambil sikap mengenai aksi pencurian ponsel, dan fitur ini dianggap sebagai solusi yang ideal.

Perusahaan pengembang ponsel Samsung dan Apple sudah memiliki fitur yang serupa di beberapa produk mereka.

Pencurian ponsel telah menjadi masalah besar yang mendunia. Di Amerika Serikat, 3,1 juta ponsel dicuri sepanjang 2013, dua kali lipat dari tahun sebelumnya.

Laporan dari kejaksaan agung kota New York menyatakan, “Teknologi ini mengubah perangkat multimedia canggih berdaya jual tinggi menjadi barang plastik yang tak berharga.”

Pihak berwenang di AS melaporkan fitur serupa yang diperkenalkan Apple untuk sistem operas iOS 7 berhasil mengurangi angka pencurian ponsel dengan drastis.

Enam bulan setelah fitur tersebut diperkenalkan, angka pencurian perangkat ponsel Apple di London menurun sebesar 24%.

Menurut laporan dari kejaksaan agung New York, di periode yang sama angka pencurian produk ponsel lain meningkat. (BBC Indonesia)

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X