Kompas.com - 24/06/2014, 09:39 WIB
Penulis Aditya Panji
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Tablet Nexus yang dirancang oleh Google besar kemungkinan masih akan diproduksi. Kali ini, perusahaan yang berpotensi besar mendapat kesempatan memproduksi tablet Nexus berikutnya adalah HTC asal Taiwan.
 
Tablet Nexus buatan HTC ini besar kemungkinan akan diberi kode nama "Volantis" dan meluncur pada kuartal empat 2014. Perangkat ini mengusung layar 8,9 inci dengan resolusi 2.048 x 1.440 pixel.
 
Android Police melaporkan, prosesor yang digunakan adalah Nvidia Tegra K1 dengan RAM 2GB serta sistem operasi Android versi terbaru. Desainnya memiliki bobot 418 gram dengan tebal 0,31 inci.
 
Ada dua pilihan memori internal yang disediakan, yaitu model memori internal 16GB yang dihargai 399 dollar As dan 32GB seharga 499 dollar AS.
 
Ponsel dan tablet seri Nexus rancangan Google selama ini dipandang sebagai perangkat dengan tenaga mumpuni, desain bagus, sistem operasi Android murni asli buatan Google, namun dijual dengan harga di segmen menengah.

Tablet Nexus 7 generasi pertama dan kedua diproduksi oleh Asus, sementara tablet Galaxy Nexus 10 dibuat oleh Samsung.

Untuk ponsel pintar Nexus, generasi pertama dibuat oleh HTC. Samsung dipercaya membuat Nexus generasi kedua dan ketiga, dan LG membuat Nexus generasi empat dan lima.

 
Namun, masa depan perangkat seri Nexus belakang ini dipertanyakan lantaran beredar kabar bahwa Google akan menghentikan pengembangan Nexus. 
 
Google berencana meluncurkan program Android Silver. Program ini menunjuk sejumlah ponsel pintar yang berjalan dengan sistem operasi Android, tanpa banyak modifikasi dari sisi fitur dan aplikasi dari produsen yang bersangkutan.
 
Intinya, Google akan menjaga ketat ekosistem ponsel atau tablet yang masuk dalam program Android Silver.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.