Yuk, Pantau "Prabowo Vs Jokowi" di Facebook

Kompas.com - 24/06/2014, 11:08 WIB
Screenshot aplikasi Suara Indonesia, Indonesia Election Tracker, di Facebook. BubuScreenshot aplikasi Suara Indonesia, Indonesia Election Tracker, di Facebook.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com — Sebuah aplikasi Facebook mampu menunjukkan bagaimana kegaduhan pengguna Facebook dalam membicarakan calon presiden dan calon wakil presiden Indonesia mendatang, Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dan Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Aplikasi itu bertajuk Facebook Suara Indonesia. Aplikasi dari Facebook Indonesia ini dikembangkan bersama Bubu.com dan telah aktif sejak 17 Juni 2014. Aplikasi ini akan me-ranking kandidat RI 1 dan RI 2 melalui jumlah perbincangan di Facebook.

Pihak Bubu memperkirakan ada sekitar 70 persen percakapan mengenai pemilihan presiden kali ini terjadi di Facebook, dibandingkan media sosial lainnya. Diharapkan aplikasi ini bisa membantu memvisualkan seberapa besar para kandidat dibicarakan di Facebook.

"Ada sekitar 69 juta orang di Indonesia yang aktif di Facebook per bulannya. Kami selalu fokus untuk memberikan kekuatan pada masyarakat untuk berbagi dan menjadikan dunia lebih terbuka dan terhubung," kata Anand Tilak, Head of Facebook Indonesia.

Aplikasi ini, lanjutnya, diharapkan bisa membantu masyarakat Indonesia melihat bagaimana tren para kandidat dari saat ini hingga hari pemilihan presiden nanti.

Ingin tahu seperti apa "kegaduhan" capres di Facebook? Akses aplikasi itu dari tautan berikut: https://www.facebook.com/FacebookIndonesia/app_576556312461482

-------------------------------------------------------------------
Anand Tilak, Country Head, Facebook Indonesia akan menjadi pembicara pada Asia Pacific Media Forum (APMF) 2014 di Bali, 18-20 September 2014. Info lengkap mengenai APMF dapat dilihat di www.apmf.com.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X