Balon Google Bikin Panik di Selandia Baru

Kompas.com - 24/06/2014, 12:30 WIB
Balon udara Gary Cosby Jr/APBalon udara
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
Ilustrasi balon udara

KOMPAS.com — Tak semua orang familier dengan balon-balon udara yang dipakai Google dalam proyek moonshot "Wi-Fi angkasa" Project Loon. Akibatnya bisa membuat panik sebagaimana yang terjadi dalam kasus berikut ini.

Dikutip dari The Wall Street Journal, pada Jumat pekan lalu, sebuah balon Google sedang ditarik kembali ke daratan di daerah selatan Selandia Baru. Seorang penduduk yang melihatnya salah mengira balon itu sebagai pesawat jatuh.

Dia kemudian panik dan menelepon nomor darurat. Sebuah helikopter penyelamat sampai dikirim ke lokasi kejadian hanya untuk menjumpai balon raksasa yang keadaannya baik-baik saja.

Google memang sedang menguji balon-balon udaranya di Selandia Baru sejak Juni 2013. Balon-balon Wi-Fi itu dilengkapi peralatan radio dan beroperasi di dua kali ketinggian terbang pesawat komersial.

Raksasa internet tersebut membenarkan bahwa salah satu balonnya telah mendarat di lepas pantai Selandia Baru. Dikarenakan kondisi angin, balon-balon ini sulit dijaga agar bertahan pada satu tempat tertentu saja.

"Sejak meluncurkan Project Loon di Selandia Baru tahun lalu, kami terus melakukan uji terbang untuk mengembangkan teknologi," tulis Google dalam sebuah pernyataan.

Soal balon yang salah dikira sebagai pesawat itu, Google menyatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan aparat keamanan setempat sebelum mendaratkannya. Seusai didaratkan, ada tim khusus yang akan mengambil balon bersangkutan.

Project Loon sendiri bertujuan memperluas cakupan jaringan internet dunia dengan membuat jaringan Wi-Fi di udara menggunakan balon. Proyek ini diharapkan bisa memberikan akses internet bagi masyarakat di daerah-daerah terpencil yang sulit dijangkau infrastruktur tradisional.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X