Kompas.com - 24/06/2014, 19:29 WIB
Seorang model memamerkan perangkat Mini BTS T-Zone dari Telkomsel di Bandung, Selasa (26/6/2014). Aditya Panji Rahmanto/KompasTeknoSeorang model memamerkan perangkat Mini BTS T-Zone dari Telkomsel di Bandung, Selasa (26/6/2014).
Penulis Aditya Panji
|
EditorWicak Hidayat
BANDUNG, KOMPAS.com - Perusahaan telekomunikasi Telkomsel memperkenalkan layanan access point bernama T-Zone di Bandung, Selasa (24/6/2014). Perangkat serupa BTS Mini ini memberikan jaringan khusus untuk memperkuat layanan telepon, SMS, hingga data (internet).

T-Zone membantu pelanggan untuk mendapatkan sinyal Telkomsel di lokasi yang sulit dijangkau, termasuk rig lepas pantai, perkebunan, atau daerah pelosok lainnya. Ia ditujukan kepada segmen usaha kecil menengah (UKM) hingga perusahaan besar.

T-Zone membutuhkan access point dari jaringan satelit maupun internet, seperti Telkom Speedy ataupun First Media. T-Zone dapat digunakan hingga 32 pelanggan.

Vice President Corporate and Community Account Management, Primadi K. Putra, menjelaskan, produk ini sangat cocok untuk penghuni apartemen di lantai 18 ke atas yang biasanya sulit mendapatkan sinyal seluler.

Layanan T-Zone menawarkan harga mulai dari Rp 200 ribu per bulan untuk empat pengguna dan Rp 275 ribu per bulan untuk pelanggan di rig lepas pantai. Sesama anggota yang telah didaftarkan di T-Zone bersangkutan mendapatkan manfaat gratis telepon dan SMS. Namun, untuk layanan data tetap dikenakan tarif normal sesuai paket yang digunakan pelanggan.

"Saat ini T-Zone sudah tersedia di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Makassar, Medan, Denpasar, serta rig lepas pantai. Kami targetkan dapat meraih 18.000 pelanggan untuk T-Zone," kata Primadi.

Karena T-Zone ditujukan kepada UKM, Telkomsel menyediakan sejumlah nilai tambah berupa aplikasi absen karyawan, notifikasi jika ada pengunjung yang datang, hingga layanan pesan singkat promosi berbasis lokasi.

"Aplikasi-aplikasi ini kami harap membantu pelaku UKM seperti kafe atau gerai pakaian, namun dengan biaya yang lebih terjangkau," tuturnya.

Perangkat BTS Mini T-Zone menggunakan produk dari Alcatel-Lucent yang disalurkan oleh Femto Indonesia.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X