Kompas.com - 25/06/2014, 08:36 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Nokia X2, yang baru diumumkan Microsoft, ternyata menggunakan versi baru dari sistem operasi Nokia X Platform.

Hal ini dikemukakan Yannis Paniaras, Kepala Mobile Phones UX Design Studio di Microsoft, Beijing. "Kami membuat banyak perubahan. Beberapa jelas terlihat dan beberapa lebih samar, namun semuanya membawa pengalaman yang lebih kaya, cepat dan mudah," ujarnya di blog resmi Nokia.

Nokia X Platform yang digunakan di Nokia X2 adalah versi 2.0. Sistem operasi ini tetap diturunkan dari Android, situs DailyTech memperkirakan kali ini Android-nya adalah versi 4.3 (Jelly Bean).

Salah satu perubahan tercermin dari perangkatnya, yang kini memiliki tombol Home di sebelah tombol Back pada bagian bawah layar. Tidak seperti Nokia X yang hanya memiliki satu tombol (Back).

Dengan adanya dua tombol itu, Yannis menjelaskan, pengguna bisa melakukan multitasking lebih mudah. "Tahan tombol Back untuk mengakses Task Manager, yang akan menampilkan (aplikasi) apa saja yang sedang berjalan dan jika mau Anda bisa mematikannya dengan cepat," ujarnya.

Perubahan lain yang disebutkannya termasuk pada Control Panel, tampilan kamera, Fastlane dan juga keyboardnya. "Kami membangunnya dari nol, jadi sepenuhnya berbeda dengan versi sebelumnya," kata Yannis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.