Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nokia X2 Pakai OS Versi Baru

Kompas.com - 25/06/2014, 08:36 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Nokia X2, yang baru diumumkan Microsoft, ternyata menggunakan versi baru dari sistem operasi Nokia X Platform.

Hal ini dikemukakan Yannis Paniaras, Kepala Mobile Phones UX Design Studio di Microsoft, Beijing. "Kami membuat banyak perubahan. Beberapa jelas terlihat dan beberapa lebih samar, namun semuanya membawa pengalaman yang lebih kaya, cepat dan mudah," ujarnya di blog resmi Nokia.

Nokia X Platform yang digunakan di Nokia X2 adalah versi 2.0. Sistem operasi ini tetap diturunkan dari Android, situs DailyTech memperkirakan kali ini Android-nya adalah versi 4.3 (Jelly Bean).

Salah satu perubahan tercermin dari perangkatnya, yang kini memiliki tombol Home di sebelah tombol Back pada bagian bawah layar. Tidak seperti Nokia X yang hanya memiliki satu tombol (Back).

Dengan adanya dua tombol itu, Yannis menjelaskan, pengguna bisa melakukan multitasking lebih mudah. "Tahan tombol Back untuk mengakses Task Manager, yang akan menampilkan (aplikasi) apa saja yang sedang berjalan dan jika mau Anda bisa mematikannya dengan cepat," ujarnya.

Perubahan lain yang disebutkannya termasuk pada Control Panel, tampilan kamera, Fastlane dan juga keyboardnya. "Kami membangunnya dari nol, jadi sepenuhnya berbeda dengan versi sebelumnya," kata Yannis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com