Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Android "Lollipop" Diumumkan Malam Ini?

Kompas.com - 25/06/2014, 09:28 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Rabu malam, 25 Juni 2014 (WIB), Google akan menggelar acara tahunannya bagi developer Google I/O. Biasanya, bertindak sebagai "tuan rumah" dalam gelaran ini adalah Vic Gundotra. Namun, setelah Vic meninggalkan Google, "beban" itu dikabarkan akan jatuh pada Sundar Pichai, Kepala Divisi Android di Google.

Menurut sebuah wawancara di BusinessWeek, Pichai sudah menyiapkan banyak hal untuk acara ini. Termasuk, mengumumkan Android versi baru.

"Saya ingin dunia lebih cepat memahami apa yang sedang kami kerjakan," tuturnya.

Jika hal itu benar, ini akan mengubah kebiasaan Google mengumumkan Android terbaru di sekitaran musim gugur di AS. Kebiasaan itu sebelumnya banyak dikeluhkan karena produsen perangkat jadi tak sempat mengeluarkan perangkat dengan Android terbaru di musim liburan akhir tahun.

Pichai agaknya akan mengubah hal itu. Ia akan menampilkan Android terbaru, yang diduga bakal menggunakan huruf L sebagai nama kode-nya, di ajang I/O. Belum diketahui apa nama kode Android tersebut, banyak yang memprediksi Android itu akan dinamai Lollipop (meneruskan tradisi nama kode dari makanan manis).

Selain Android "L", Google diyakini akan banyak bicara soal Android Wear. Sistem operasi untuk perangkat wearable ini telah menuai banyak minat dari produsen, mulai dari Sony, Samsung hingga Motorola.

Kemudian, ada juga rumor soal rencana pengenalan peranti lunak Android TV. Versi Android yang dioptimalkan khusus untuk televisi. Jika benar, Android TV sedikit-banyak akan "bersaing" dengan upaya televisi pintar berbasis Android yang sudah lebih dulu dilakukan produsen seperti Samsung.

Benarkah Google akan mengumumkan Android terbaru dan Android TV di konferensi Google I/O?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com