Kompas.com - 25/06/2014, 12:05 WIB
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Fenomena game Flappy Bird buatan Dong Nguyen telah membuat sejumlah developer game di Android dan iOS menelurkan game sejenis dengan nama yang berbeda-beda. Namun, tak semuan game kloningan itu aman bagi smartphone.

Perusahaan antivirus McAfee baru-baru ini memeriksa sekitar 300 kloningan game Flappy Bird di toko aplikasi Google Play dan App Store. Hasilnya, 238 game di antaranya (atau 80 persennya) mengandung malware.

Game-game tiruan yang mengandung malware memang sudah disadari oleh pengguna Android dan iOS, namun menurut BGR (24/6/2014), mereka tidak menyangka bahwa jumlahnya akan sebanyak itu.

Menurut laporan yang dirilis oleh McAfee, kasus infeksi malware dari aplikasi tersebut yang paling banyak dilaporkan adalah smartphone yang suka melakukan panggilan telepon sendiri, menerima dan mengirim SMS otomatis, serta menggali data kontak dan melacak lokasi.

Dalam kasus tertentu, malware yang diselundupkan melalui game kloningan Flappy Bird itu bisa memberikan peretas kontrol penuh atas smartphone yang terinfeksi, sehingga data-data penting bisa dicuri.

Walau pengguna Android menjadi sasaran paling besar dibanding pengguna iPhone atau iPad, namun Chief Technical Strategist McAfee, Brian Kenyon mengatakan bahwa perangkat Apple yang di-jailbreak juga rentan terhadap serangan malware.

Kenyon menyarankan agar pengguna Android selalu memeriksa lebih detil suatu aplikasi sebelum meng-install-nya. Pengguna iPhone yang di-jailbreak juga harus memastikan agar aplikasi yang akan dipasang benar-benar aman dan dari sumber terpercaya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Sumber BGR
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.