Kompas.com - 26/06/2014, 08:33 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
Wanita pemrotes yang muncul dalam konferensi Google I/O 2014 di San Francisco, Rabu (25/6/2014)

KOMPAS.com - Direktur teknis Android Dave Burke sedang menyampaikan presentasi dalam konferensi Google I/O 2014 di San Francisco, Amerika Serikat, Rabu (25/6/2014) ketika seorang wanita tiba-tiba berdiri di barisan depan kursi penonton.

Si wanita memegang kaus bertuliskan “Tunjukkan hati nurani, hentikan Jack Halprin” dan mencoba menarik perhatian pengunjung lain.

Sebagaimana dilaporkan oleh The Next Web, dia adalah seorang pemrotes yang identitasnya belum diketahui serta mengklaim diri sebagai “korban penggusuran” Google.

Si pemrotes segera dievakuasi ke luar ruangan diiringi sorak sorai hadirin.

Perang kelas

Jack Halprin yang dijadikan objek protes sang wanita merupakan pengacara Google yang pindah ke sebuah gedung yang dibelinya di daerah Mission Dolores di San Francisco pada 2006.

Pada Februari tahun ini, Halprin meminta seluruh penghuni lain di gedung itu untuk keluar. Tindakan tersebut mengakibatkan enam orang kehilangan tempat  tinggal, termasuk dua orang guru.

“Penggusuran” yang dilakukan Halprin menuai protes dari sejumlah warga di San Francisco. Terlebih, sebagian penduduk di kota ini merasa terpinggirkan dengan kehadiran raksasa-raksasa teknologi macam Google.

Perusahaan-perusahaan tersebut dinilai mengakibatkan biaya hidup di San Francisco berangsur naik karena para pegawainya -yang juga tinggal di kota itu- digaji lebih tinggi dibandingkan warga setempat.

The Verge
Pria pemrotes yang muncul di gelaran Google I/O 2014, Rabu (25/6/2014)

Sebelumnya, bus-bus milik Google sempat pula dilarang berhenti di halte umum karena dinilai sewenang-wenang memanfaatkan fasilitas publik.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.