Kompas.com - 26/06/2014, 09:09 WIB
Ilustrasi sistem operasi Android buatan Google ReutersIlustrasi sistem operasi Android buatan Google
Penulis Aditya Panji
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Google memperluas penggunaan sistem operasi Android, tak terkecuali ke ruang keluarga di rumah. Perusahaan teknologi tersebut resmi memperkenalkan Android TV yang berupa perangkat televisi dan set-top box.

Dalam konferensi pengembang aplikasi Google I/O 2014 di San Francisco, Amerika Serikat, Rabu (25/6/2014), Google mengatakan bahwa Android TV berjalan dengan sistem operasi Android L. Ia dirancang untuk menggantikan layanan Google TV yang diluncurkan pada 2010 silam.

Google telah bekerjasama dengan Sony dan Sharp untuk merancang televisi khusus untuk Android TV, juga bekerjasama dengan Razer dan Asus dalam pengembangan perangkat set-top box untuk televisi biasa.

Nilai lebih Android TV terletak pada fitur game. Ia dapat menjalankan aplikasi game yang diunduh dari toko aplikasi Google Play Store.

Google menyediakan alat pengontrol untuk bermain game di Android TV serta menyediakan fitur multi pemain secara online. Untuk meningkatkan nuansa kompetisi, skor atau prestasi yang diraih dapat dibagikan kepada pengguna lain.

Pengguna juga dapat menikmati konten video dari Netflix dan Hulu. Menariknya, peranti lunak Android TV juga dapat memberi rekomendasi konten atau program favorit kepada pengguna melalui fitur Knowledge Graph.

Untuk mendorong ekosistem Android TV, Google mengatakan bakal menjalin kerja sama dengan Qualcomm, Nvidia, Intel, dan Broadcom.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Google beberapa kali berupaya menghadirkan konten hiburan di televisi, namun belum ada yang meraih sukses. Perusahaan sempat meluncurkan Nexus Q dan dongle Chromecast, yang berguna sebagai penerima konten audio dan video dari perangkat mobile dan menampilkannya di layar televisi.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.