ADVERTORIAL

advertorial

Smartfren Siap Dukung Kelancaran Silaturahmi, Pada Bulan Ramadhan dan Hari Raya Lebaran 2014

Kompas.com - 26/06/2014, 11:49 WIB
Penulis advertorial
|
Editoradvertorial

KOMPAS.com – Untuk mendukung kelancaran silaturahmi di bulan suci Ramadan PT Smartfren Telecom Tbk (Smartfren), sebagai penyedia jasa layanan telekomunikasi berbasis teknologi canggih EV-DO Rev. B Phase 2, berkomitmen untuk selalu memberikan layanan terbaik kepada seluruh penggunanya pada bulan Ramadan dan Hari Raya Lebaran 2014.

Kali ini Smartfren melakukan uji jaringan dengan rute Jakarta hingga Bandung yang dilaksanakan dari tanggal 18 Juni hingga 20 Juni 2014 menggunakan kendaraan roda empat. Metode pengujian menggunakan program Drive Test Tool milik tim Smartfren yang digunakan sehari-hari untuk uji jaringan. Selain itu aplikasi bernama RF Signal Tracker juga ikut dilibatkan, aplikasi ini dapat diunduh melalui perangkat Smartfren Andromax tipe apapun.

Hasilnya, berdasarkan data yang didapat program Drive Test Tool Internal Smartfren, sinyal yang didapat sepanjang rute Jakarta-Bandung berkisar antara 70 – 100 db atau setara dengan 3-4 bar bila dilihat dari indikator sinyal di smartphone Andromax. Ini menandakan kekuatan sinyal tersebut sudah cukup bagi pelanggan untuk menikmati layanan data seperti  menonton video melalui Youtube, berselancar di jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter, serta menggunakan sarana social messenger seperti BBM tanpa kendala yang berarti.

Menuju daerah berkontur pegunungan dengan sedikit populasi, tepatnya di daerah Cikole, Bandung, sinyal untuk menelepon berada di posisi 2-3 bar, sementara EVDO berkisar 1-2 bar. Untuk itu Smartfren memasuki H-7 hingga H+7 Lebaran akan meningkatkan kemampuan Base Transceiver Station (BTS) makro maupun mikro di seluruh Indonesia. Langkah tersebut diambil berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, dimana saat itu peningkatan lalu lintas data,SMS, maupun voice terjadi pada H-7 hingga H+7 Lebaran.

“pengujian jalur ini kami lakukan untuk menunjukkan kesiapan kami menghadapi musim mudik dalam rangka menyambut bulan Ramadhan dan hari raya Lebaran tahun ini kepada masyarakat. Trafik Smartfren sendiri juga mengalami peningkatan setiap tahunnya, dengan  perincian kenaikan pada siang dan sore hari, namun tahun lalu trennya berubah, trafik kenaikan justru signifikan pada malam hari. Namun apapun itu kami sudah siap menghadapinya demi memberikan kenyamanan bersilaturahmi bagi para pelanggan.“ Ujar Munir SP, Vice President Network Smartfren.

Hingga kuartal pertama 2014, Smartfren memiliki 5.900 BTS on air yang tersebar di seluruh nusantara, dan menargetkan penambahan hingga 6000 – 6.500 BTS on air pada akhir tahun 2014. Sementara jumlah pelanggan di kuartal yang sama, Smartfren telah memiliki 12 juta pelanggan dan 6,7 juta diantaranya merupakan pelanggan data, dari jumlah tersebut Average Revenue Per User (ARPU) Smartfren adalah sebesar Rp 18.000 dengan ARPU data sebesar Rp 40.000.

Nah, silaturahmi di bulan suci Ramadan dan mudik Lebaran dijamin makin lancar bersama Smartfren. (adv)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.