Kompas.com - 26/06/2014, 13:12 WIB
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Bos Google yang bertanggungjawab atas Android, Sundar Pichai, memaparkan capaian sistem operasi robot hijau di hadapan para pengembang aplikasi yang menghadiri konferensi Google I/O di San Francisco, Amerika Serikat, Rabu (25/6/2014). Ia berkata Android mengalami pertumbuhan sangat cepat terutama bagi pengguna smartphone dan tablet.

Pertengahan 2013 lalu, Pichai mengatakan bahwa perangkat Android telah diaktifkan sebanyak 900 juta orang. Tahun ini, menurut Pichai, pengguna aktif OS Android tiap bulannya telah mencapai angka 1 miliar, demikian dilansir dari The Verge (25/6/2014).

Di samping itu, dari data statistik yang diungkap oleh Google, terungkap bahwa pengguna Android di seluruh dunia membuka dan mengecek perangkatnya 100 miliar kali per hari.

Di kesempatan yang sama, Pichai juga menjelaskan perkembangan bisnis tablet Android. Menurutnya, tablet Android sudah menguasai 62 persen pangsa pasar dunia. Jumlah tersebut naik signifikan dari raihan tahun lalu yang sebesar 46 persen.

Dengan meningkatnya jumlah pangsa pasar smartphone dan tablet Android, maka hal itu turut mendongkrak populartias aplikasi browser Chrome.

Saat ini, menurut Pichai, browser Chrome besutan Google sudah digunakan secara aktif oleh 300 juta orang tiap hari.

Pichai mengakhiri presentasinya dengan memaparkan statistik dari toko aplikasi Google Play Store. Menurutnya, toko aplikasi untuk Android itu memiliki pertumbuhan yang impresif. Jumlah instalasi aplikasi yang dilakukan melalui Google Play meningkat 236 persen tahun ini dibanding tahun sebelumnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.