Kompas.com - 27/06/2014, 11:44 WIB
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Apple memutuskan untuk memangkas harga jual perangkat pemutar musiknya, iPod Touch pada Kamis (26/6/2014) lalu. Selain itu, Apple juga menambahkan fitur kamera untuk iPod Touch versi 16 GB.

Pemangkasan harga jual iPod Touch yang dilakukan Apple cukup signifikan, bahkan mencapai 100 dollar AS. Dengan harga baru tersebut, maka iPod Touch versus 64 GB kini dijual hanya 299 dollar AS dari harga semula 399 dollar AS.

Sementara untuk versi 32 GB, dijual seharga 249 dollar AS dari harga semula 299 dollar AS, dan model 16 GB turun dari 299 dollar AS menjadi 199 dollar AS.

Selain itu, Apple juga memberikan update hardware untuk versi 16 GB. Versi iPod dengan penyimpanan paling kecil tersebut kini dilengkapi dengan kamera belakang, agar bisa bersaing dengan versi 32 GB dan 64 GB.

Apple juga membuat iPod Touch 16 GB dalam 4 warna baru yang berbeda, yaitu pink, kuning, biru, dan merah. Sebelumnya, Apple iPod Touch 16 GB hanya memiliki kamera depan dan tersedia dalam warna silver dan space grey.

Dilansir dari Cnet (26/6/2014), pemangkasan produk iPod Touch tersebut terkait dengan lesunya penjualan perangkat pemutar musik Apple tersebut. Penjualan iPod Touch bahkan disebut mengalami penurunan hingga 50 persen jika dibandingkan dengan kuartal sebelumnya.

Walau penjualannya turun, namun kontribusi iPod tetap berarti bagi Apple. Sepanjang tahun fiskal 2013, Apple menjual 26.4 juta iPod dari berbagai versi dan turut menyumbang keuntungan sebesar 4,4 miliar dollar AS.

Pengurangan harga dan peningkatan model low-end menjadi strategi yang diharapkan bisa mendongkrak penjualan iPod Touch. Perangkat ini masih menjadi alternatif iPhone untuk memutar musik, bermain game, dan mengakses media.

Kini, keseluruhan lini iPod Touch memiliki kamera 5 megapixel dengan fitur perekaman HD 1080p, layar Retina 4 inci, kamera depan, serta tersedia dalam pilihan enam warna.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber CNET

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.