Review: Moto G, Murah tetapi "Jempolan"

Kompas.com - 30/06/2014, 10:05 WIB
Motorola Moto G Oik Yusuf/Kompas.comMotorola Moto G
Penulis Aditya Panji
|
EditorWicak Hidayat
JAKARTA, KOMPAS.com — Anda mungkin sering dimintai pendapat tentang ponsel pintar Android terbaik yang dijual sekitar Rp 2 juta sampai Rp 2,5 juta. Dari sekian banyak merek dan tipe ponsel yang Anda rekomendasikan, apakah nama Motorola Moto G masuk dalam daftar rekomendasi?

Moto G saat ini menjadi ponsel andalan Motorola untuk bersaing di segmen pasar menengah ke bawah, dan ditujukan untuk negara berkembang. Ia dibekali spesifikasi komponen yang terbilang baik di kelasnya dan dijual dengan harga murah.

Ponsel ini diperkenalkan pada November 2013, tetapi baru masuk pasar Indonesia pada awal Juni 2014 melalui mitra distibutor dan hanya dijual secara online di situs jual beli Lazada.

Ketika pertama kali memegangnya, Moto G terlihat seperti Moto X yang dirancang untuk segmen premium, hanya ukuran layarnya lebih kecil sehingga membuat tubuhnya lebih gemuk.

Moto G didesain dengan sudut-sudut membulat. Bagian belakang dibuat melengkung dengan materi yang tidak membuat licin saat digenggam. Di bagian belakang juga terdapat unit kamera beserta lampu kilat LED, mikrofon, dan logo Motorola yang menjorok ke dalam.

Oik Yusuf/Kompas.com
Panel belakang Moto G
Di sisi bawah dan atas masing-masing terdapat lubang MicroUSB dan audio 3,5 mm. Sementara di sisi kanan terdapat tombol daya dan tombol pengatur volume. Keduanya didesain menonjol dan terbuat dari plastik.

Oik Yusuf/Kompas.com
Sisi kanan Moto G terdapat tombol daya dan tombol pengatur volume
Layar

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ketika jari menekan tombol daya, KompasTekno disambut oleh tampilan layar 4,5 inci jenis IPS LCD yang cemerlang dengan resolusi 1.280 x 720 pixel dengan kerapatan 326 pixel per inci (ppi).

Dari pengalaman KompasTekno, layar ini sangat nyaman untuk aktivitas membaca, tidak seperti layar ponsel murah lainnya yang terkadang bikin "sakit mata" dan tanpa sadar membuat Anda memutuskan untuk berhenti membaca artikel.

Oik Yusuf/Kompas.com
Moto G memiliki layar yang cemerlang
Layar Moto G bisa disebut sebagai yang terbaik di kelasnya. Ia menampilkan warna yang akurat dan konsisten jika dilihat dari sudut pandang mana saja. Terlebih, layar ini telah menggunakan lapisan anti-gores Gorilla Glass 3.

Moto G adalah ponsel yang pas di genggaman. Ia bisa dioperasikan dengan satu tangan, di mana satu ibu jari Anda dapat meraih seluruh layar. Bernavigasi di layar Moto G sangat responsif tanpa ada lag.

Ketika layar dalam keadaan terkunci, Anda dapat membuka layar dengan menarik ikon gembok ke atas. Ada pula jalan pintas menuju fitur Google Now dan kamera.

Motorola tidak melakukan banyak modifikasi atas sistem operasi Android pada Moto G dan tidak membawa banyak aplikasi bawaan yang hanya membuat sesak memori internal, tetapi fungsinya belum tentu berguna. Perusahaan ini hanya menambahkan aplikasi asisten pribadi Assist dan Moto Migrate sebagai solusi pemindahan data-data dari ponsel lama ke Moto G.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X