Google Ingin Perbanyak “Coder” Cewek

Kompas.com - 01/07/2014, 10:05 WIB
Google Glass untuk pemakai kacamata normal. Google Glass untuk pemakai kacamata normal.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
Ilustrasi

KOMPAS.com - Bidang teknologi informasi masih didominasi oleh pria Hanya sekitar 25 persen dari lapangan pekerjaan di bidang ini diisi oleh wanita.

Google rupanya ingin mengubah hal tersebut. Raksasa internet itu minggu lalu mengumumkan sebuah program “beasiswa” khusus untuk memperbanyak jumlah perempuan yang berkiprah di dunia IT sebagai pengembang program.

Sebagaimana dikutip dari IBTimes, program Google ini disebutkan bakal membiayai sekolah “ribuan” calon coder  cewek dan merupakan bagian dari inisiatif “Made With Code” Google yang bernilai 50 juta dollar AS.

Bentuknya berupa kursus gratis selama 3 bulan untuk 1.000 wanita di kelas online Code School, sebuah program berbasis web. Google akan membagi-bagikan kesempatan tersebut kepada perempuan yang sudah bekerja di industri teknologi.

Peminat bisa mengisi sebuah form online khusus yang disediakan Google. Begitu ke-1.000 wanita sudah menerima kursus, Google bakal kembali membagikan “ribuan beasiswa”.

Di Google sendiri hanya sekitar 30 persen tenaga kerja berjenis kelamin perempuan, menurut data yang dirilis oleh perusahaan itu. Angka tersebut turun menjadi hanya 17 persen di divisi-divisi teknis seperti coding software dan engineering.

Google berusaha meningkatkan rasio pekerja perempuan berbanding pekerja laki-laki di lingkup perusahaannya, begitu pula dalam konferensi Google I/O 2014 yang digelar 25 Juni lalu. Pada 2012, hanya sekitar 300 pengunjung Google I/O berjenis kelamin perempuan. Tahun ini, menurut Google, satu dari enam hadirin adalah wanita.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.