Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Ingin Perbanyak “Coder” Cewek

Kompas.com - 01/07/2014, 10:05 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Ilustrasi

KOMPAS.com - Bidang teknologi informasi masih didominasi oleh pria Hanya sekitar 25 persen dari lapangan pekerjaan di bidang ini diisi oleh wanita.

Google rupanya ingin mengubah hal tersebut. Raksasa internet itu minggu lalu mengumumkan sebuah program “beasiswa” khusus untuk memperbanyak jumlah perempuan yang berkiprah di dunia IT sebagai pengembang program.

Sebagaimana dikutip dari IBTimes, program Google ini disebutkan bakal membiayai sekolah “ribuan” calon coder  cewek dan merupakan bagian dari inisiatif “Made With Code” Google yang bernilai 50 juta dollar AS.

Bentuknya berupa kursus gratis selama 3 bulan untuk 1.000 wanita di kelas online Code School, sebuah program berbasis web. Google akan membagi-bagikan kesempatan tersebut kepada perempuan yang sudah bekerja di industri teknologi.

Peminat bisa mengisi sebuah form online khusus yang disediakan Google. Begitu ke-1.000 wanita sudah menerima kursus, Google bakal kembali membagikan “ribuan beasiswa”.

Di Google sendiri hanya sekitar 30 persen tenaga kerja berjenis kelamin perempuan, menurut data yang dirilis oleh perusahaan itu. Angka tersebut turun menjadi hanya 17 persen di divisi-divisi teknis seperti coding software dan engineering.

Google berusaha meningkatkan rasio pekerja perempuan berbanding pekerja laki-laki di lingkup perusahaannya, begitu pula dalam konferensi Google I/O 2014 yang digelar 25 Juni lalu. Pada 2012, hanya sekitar 300 pengunjung Google I/O berjenis kelamin perempuan. Tahun ini, menurut Google, satu dari enam hadirin adalah wanita.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com