Di Inggris, Google Glass Dilarang Masuk Bioskop

Kompas.com - 01/07/2014, 12:05 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
Kacamata pintar Google Glass

KOMPAS.com - Baru saja mulai dipasarkan di Inggris, perangkat Google Glass sudah menemui tentangan dari para pengelola bioskop negeri tersebut.

Asosiasi bioskop Inggris, Cinema Exhibitor’s Association, akan meminta pengunjung bioskop yang mengenakan Google Glass agar melepaskan perangkat tersebut sebelum memasuki ruang teater.

“Pengunjung akan diminta tidak memakai kacamata pintar ini di dalam auditorium bioskop, baik saat film sedang diputar ataupun tidak,” kata chief executive Cinema Exhibitor’s Association Phil Clapp yang dikutip oleh The Independent.

Keputusan itu didasarkan pada kekhawatiran bahwa Google Glass bisa dipakai untuk merekam video secara diam-diam.

Sebenarnya Glass hanya bisa terus-menerus mengambil gambar selama 45 menit. Namun, sebuah komplotan pembajak film yang beranggotakan lebih dari satu orang bisa menyatukan potongan-potongan gambar untuk menjadi sebuah video utuh.

Perekaman di dalam bioskop disebut merupakan sumber terbesar film bajakan, dengan angka mencapai 90 persen.

Menanggapi hal ini, Google menganjurkan pengelola bioskop untuk memperlakukan Glass seperti halnya smartphone, yakni dengan meminta pengunjung untuk mematikannya sebelum film dimulai.

“Kami pikir sebaiknya mencoba sendiri dulu perangkat Google Glass sebelum membuat kebijakan yang berkenaan dengannya,” ujar seorang juru bicara Google.

Di samping bioskop, pengelola rumah sakit, gymnasium, dan departemen transportasi Inggris juga mengevaluasi penggunaan Google Glass untuk alasan privasi dan keamanan.

Google Glass mulai dijual di Inggris pada akhir Juni 2014, dua tahun setelah diperkenalkan pada konferensi Google I/O 2012 di Amerika Serikat. Perangkat yang berstatus “beta” alias masih belum selesai dikembangkan ini dibanderol 1.000 Poundsterling atau lebih dari Rp 20 juta.

Sebelumnya, di AS Google Glass juga sudah dilarang untuk dikenakan dalam auditorium bioskop. Pemakainya harus melepaskan perangkat itu saat lampu dipadamkan dan film mulai diputar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.