Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tentukan Pilihanmu
0 hari menuju
Pemilu 2024

"Ponsel Hitam" Anti Sadap Mulai Dijual

Kompas.com - 02/07/2014, 10:05 WIB
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Masih ingat dengan proyek smartphone Android anti sadap? Blackphone, smartphone Android yang diklaim super aman tersebut telah dikembangkan semenjak akhir 2013. Kini, smartphone tersebut siap dipasarkan.

Blackphone yang dikembangkan oleh perusahaan spesialis keamanan komunikasi Swiss, Silent Circle, dikabarkan BGR (30/6/2014) sudah siap dipasarkan. Smartphone anti sadap tersebut dijual dengan harga 630 Dollar AS tanpa kontrak.

Silent Circle dalam pengembangannya menggandeng pabrikan hardware asal Spanyol, Geeksphone. Keduanya telah memulai proyek smartphone Android anti sadap tersebut sejak tahun lalu setelah beredar isu penyadapan yang dilakukan oleh NSA.

Fitur-fitur dalam Blackphone yang menjadikannya berbeda dari smartphone Android lain adalah kemampuan perangkat untuk meng-enkripsi panggilan telepon, video call, serta SMS yang memiliki sisipan (attachments).

Selain itu, terdapat juga fitur keamanan yang mencegah hotspot WiFi menarik informasi dari pengguna Blackphone, seperti informasi browser history, lokasi, dan informasi lain. BlackPhone juga memiliki layanan cloud yang aman melalui SpiderOak.

Dari segi spesifikasi, Blackphone adalah smartphone Android dengan layar 4,7 inci, resolusi 720p. Prosesornya didukung oleh Tegra 4i quad-core 2 GHz, RAM 1 GB, dan penyimpanan internal 16 GB.

Terdapat slot kartu microSD untuk menambah kapasitas penyimpanan. Kamera yang dipasangkan dalam Blackphone memiliki resolusi 8 megapixel.

Saat ini, Silent Circle dan Geeksphone mengaku stok Blackphone telah habis terjual. Mereka akan mulai menjual Blackphone kembali pada tanggal 14 Juli 2014 melalui web store-nya (www.blackphone_ch).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber BGR

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke