Kompas.com - 02/07/2014, 12:05 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
Motorola Moto 360, produk jam tangan pintar yang berjalan dengan sistem operasi Android Wear buatan Google. Sistem operasi tersebut didesain khusus untuk perangkat pintar yang bisa dipakai di tubuh manusia (wearable device).

KOMPAS.com - Jam tangan pintar macam LG G Watch, Motorola Moto 360, dan Samsung Gear Live adalah perangkat yang menarik.

Sayang, agaknya hanya segelintir pengguna smartphone yang bisa memanfaatkan secara penuh kemampuan wearable device berbasis Android Wear tersebut.

Ini karena perangkat Android Wear hanya bisa tersambung dan bertukar data dengan smartphone Android yang dibekali sistem operasi Android 4.3 Jelly Bean atau Android 4.4 Kitkat terbaru.

Kedua sistem operasi itu, menurut data dari Google yang dikutip oleh TechCrunch, baru dipakai oleh 23,9 persen perangkat Android.

Itupun dicapai hampir setahun setelah sistem operasi bersangkutan mulai beredar.

Google
Data versi sistem operasi Andoid yang beredar dari Google Dashboard per 4 Juni 2014

Artinya, sebagian besar pemilik smartphone Android -- dengan sistem operasi versi lawas -- tak bisa menyambungkan ponselnya dengan wearable device Android Wear.

Hal ini tentu mengurangi ukuran pasar potensial dari G Watch dan kawan-kawan, sementara pengguna yang berminat mesti memastikan bahwa Android Wear kompatibel dengan ponsel yang dimiliki.

Untuk mereka yang kurang yakin soal perangkatnya mendukung Android Wear atau tidak, Google menyediakan sebuah situs khusus untuk membantu menemukan jawabannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber TechCrunch
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.