Kompas.com - 03/07/2014, 07:29 WIB
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Walau dalam hal jumlah pengiriman smartphone Android sudah lebih unggul dari iOS, namun menurut perusahaan Net Applications, platform iOS selama ini masih menjadi pemimpin dari sisi penggunaan. Namun dominasi iOS tersebut diprediksi tak akan bertahan lama.

Net Applications, perusahaan yang memonitor lalu-lintas data internet mengungkapkan bahwa selama ini pihaknya telah melakukan riset dengan memantau lalu lintas web global, termasuk perangkat yang dipakai.

Dari riset tersebut, ternyata hingga bulan Juni 2014, pengguna internet dengan platform iOS semakin menurun dalam kurun dua bulan terakhir.

Menurut riset yang dilakukan oleh Net Applicatons, penggunaan smartphone dan tablet Android secara global terus meningkat dalam kurun tiga bulan terakhir, yaitu 37,75 persen di bulan April, 41,58 persen di bulan Mei, dan 43,75 persen di bulan Juni.

Di sisi lain, penggunaan platform iOS untuk ber-internet justru semakin menurun hingga di bawah 50 persen. Penurunan tersebut terjadi untuk pertama kalinya.

Pada bulan Mei tahun ini, penggunaan iOS turun dari 51,11 persen di bulan sebelumnya menjadi 48,34 persen. Sementara di bulan Juni, jumlah penggunanya juga semakin menurun menjadi hanya 45,61 persen.

Dikutip dari BGR (1/7/2014), jika tren seperti ini terus berlanjut, maka Net Applications memprediksi dominasi iOS akan disalip oleh Android dalam hal penggunaan perangkat mobile.

Namun, Apple dengan iOS-nya masih bisa bangkit lagi berkat sejumlah perangkat mobile baru yang akan diluncurkan dalam waktu dekat, seperti iPhone 6 dan lini iPad terbaru yang akan rilis akhir tahun ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber BGR

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.