HP Bikin Komputer dengan Pendingin Air

Kompas.com - 03/07/2014, 11:39 WIB
Vice President and General Manager HP Servers Asia Pacific and Japan, Stephen Bovis Aditya Panji/KompasTeknoVice President and General Manager HP Servers Asia Pacific and Japan, Stephen Bovis
Penulis Aditya Panji
|
EditorWicak Hidayat
MUMBAI, KOMPAS.com - Hewlett-Packard (HP) memperkenalkan komputer kinerja tinggi terbarunya, Apollo 8000, dalam acara HP Media Summit 2014 di Mumbai, India, Rabu (2/7/2014). Apollo 8000 diklaim sebagai komputer berkinerja tinggi pertama yang seutuhnya memanfaatkan sistem pendingin air untuk melindungi perangkat keras.

Apollo 8000 dibangun pada desain rak yang dapat diperbesar dengan daya tampung hingga 144 server di setiap rak. Sistem ini menawarkan empat kali lipat teraflop per rak dibandingkan dengan desain komputer berpendingin udara.

Penggunaan air sebagai media pendingin dipandang HP lebih efisien dibandingkan udara.

Vice President and General Manager HP Servers Asia Pacific and Japan, Stephen Bovis mengklaim, sistem pendingin dengan cairan tidak berisiko untuk perangkat keras karena sudah mengalami sejumlah peningkatan desain dan teknologi.

“Kami yakin produk ini dapat membantu perusahaan dalam menghemat ruang, dan menekan biaya operasional yang menjadi prioritas saat ini,” ujar Bovis.

Apollo 8000 menawarkan teknologi ramah lingkungan yang dapat membuat sebuah perusahaan mengurangi buangan limbah hingga 3.800 ton gas karbondioksida dari pusat data (data center) setiap tahun.

Laboratorium Energi Terbarukan Amerika Serikat atau National Renewable Energy Labs (NERL), adalah salah satu pelanggan yang memakai solusi Apollo 8000.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Director Computational Science Center NERL, Steve Hammond berharap, pihaknya bisa menghemat biaya operasional 800 ribu dollar AS per tahun dengan memakai solusi ini.

Pada kesempatan yang sama, HP juga memperkenalkan komputer server Apollo 6000 dengan daya tampung hingga 160 server per rak. Berbeda dengan Apollo 8000 yang menggunakan pendingin air, Apollo 6000 ini memanfaatkan pendingin udara.

Bovis mengklaim Apollo 6000 efisien dalam ruang yang lebih kecil dan dapat menghemat konsumsi energi hingga 46 persen dibandingkan produk lain dari kompetitor.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.