Berat dan Ribet, Kamera DSLR Sering Ditinggal

Kompas.com - 03/07/2014, 12:08 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Dibanding DSLR konvensional, kamera jenis mirrorless memiliki kelebihan berupa ukuran dan bobot tubuh yang lebih kecil. Dua hal ini disebut bisa menjadi daya tarik bagi pengguna DSLR yang capek menenteng-nenteng kameranya.

“Kami melihat bahwa hanya 3 dari 10 pemilik DSLR yang serius memakai kameranya. Sisanya malas membawa karena berat dan ribet,” kata Digital Imaging Product Marketing Sony Indonesia Hafiz Yenifi dalam acara media gathering Sony di Jakarta, Rabu (2/7/2014).

Mereka yang tak mau ribet inilah yang dijadikan sasaran produk kamera mirrorless besutan Sony, yakni seri NEX dan kini Alpha.

Sony baru saja merilis kamera mirrorless full-frame terbarunya di pasaran Indonesia, Alpha 7S, yang dipasarkan mulai akhir Juni 2014. Pabrikan itu kini memiliki tak kurang dari delapan model kamera mirrorless, di samping lini produk DSLR (Sony SLT).

Kendati berukuran kecil, Hafiz mengatakan bahwa kualitas gambar kamera mirrorless tak bisa dipandang sebelah mata. Kamera jenis ini disebutnya mampu menghasilkan gambar dengan kualitas setara DSLR, kalau bukan lebih baik.

Sensor pada kamera mirrorless milik Sony memang memiliki ukuran setara dengan DSLR (APS-C dan full-frame) sehingga kualitas gambarnya bisa dibilang sebanding. Sensor 12 megapixel pada Sony A7S bahkan mampu mencapai tingkat sensitivitas ISO 409.600 yang sulit ditandingi kamera lain.

“Sebagian orang memandang bahwa kamera bagus itu adalah yang ukurannya besar, tapi kami ingin menunjukkan bahwa yang bagus tak harus besar. Ukurannya dibuat se-portable mungkin tapi lebih bagus dari DSLR,” pungkas Hafiz.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.