Backtracker, Radar untuk Pesepeda

Kompas.com - 03/07/2014, 14:25 WIB
Backtracker, peranti radar untuk pesepeda ini sedang mengumpulkan dana agar bisa diproduksi massal. www.backtracker.ioBacktracker, peranti radar untuk pesepeda ini sedang mengumpulkan dana agar bisa diproduksi massal.
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Sebuah perusahaan rintisan membuat peranti bantu bagi para pesepeda. Peranti ini bisa memberi peringatan manakala ada kendaraan lain yang mendekat dari belakang dan berpotensi terjadi kecelakaan.

Perangkat yang diberi nama Backtracker tersebut memiliki fungsi seperti radar. Backtracker dipasang di belakang sepeda. Sensornya bisa menjejak obyek di belakang sepeda hingga jarak 150 meter.

Jika obyek tersebut mendekat terlalu cepat, maka perangkat tersebut akan memberikan peringatan kepada pengendara untuk menghindari terjadinya kecelakaan.

Backtracker terdiri atas dua perangkat yang diikat di sepeda. Pemancar radarnya dipasang di belakang, sementara indikator lampu LED bisa dipasang di setang sepeda untuk memberikan indikasi visual seberapa cepat kendaraan lain mendekat dari belakang.

Namun kegunaan perangkat Backtracker oleh para pesepeda tersebut disangsikan oleh Gizmodo yang pada Selasa (2/7/2014) mempertanyakan apakah perangkat tersebut benar-benar dibutuhkan, sementara pengendara bisa mengandalkan kaca spion atau sekadar menolehkan kepala ke belakang.

Efektifitas perangkat juga dipertanyakan manakala digunakan di cuaca yang berangin, atau di jalanan yang padat lalu-lintasnya.

Walau demikian, saat ini Backtracker sebagai perusahaan rintisan tetap melakukan penggalangan dana untuk memasarkan produknya itu. Target yang ingin dicapai dari pendanaan bersama (crowdfunding) itu adalah 226 ribu dollar AS.

Jika target tersebut tercapai, Backtracker akan diproduksi secara massal dan dipasarkan dengan harga jual sekitar 200 dollar AS.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Gizmodo
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X