Setelah Gerilya, Innovate Siap ke Ibu Kota

Kompas.com - 03/07/2014, 15:29 WIB
Demo produk Innovate di Jakarta. Kompas/Didit Putra Erlangga RaharjoDemo produk Innovate di Jakarta.
|
EditorWicak Hidayat
JAKARTA, KOMPAS - Penyedia jasa fiber to the home atau FTTH Innovate bakal hadir di Jakarta setelah beberapa bulan terakhir "bergerilya" di daerah sekitar ibu kota. Dari 20.000 pelanggan saat ini, mereka berencana untuk menarik 100.000 pelangan dalam setahun ke depan.

Hal itu dikemukakan Vice President PT Mora Quatro Multimedia, Syakieb Sungkar, dalam acara peluncuran Innovate di Jakarta, Rabu (2/7). Saat ini Innovate baru tersedia untuk wilayah Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. PT MQM juga melayani warga perumahan BSD di Serpong, Tangerang Selatan, dengan nama produk Homelinks sejak beberapa tahun sebelumnya. Dalam waktu dekat, para pengguna juga akan diintegrasikan menjadi pengguna Innovate.

"Saat ini kami memasang kabel yang bisa melayani 60.000 rumah, akhir tahun 2015 kami bisa melayani 500.000 rumah dengan jaringan kabel fiber langsung ke rumah," ujar Syakieb.

Menurut Syakieb, pihaknya sengaja mengincar daerah pinggiran Jakarta terlebih dahulu sebagai strategi mengetes pasar. Setelah dirasa sambutannya cukup, mereka memutuskan untuk masuk ke Jakarta pada tahun depan. Mereka butuh waktu untuk memasang jaringan kabel optik untuk para calon konsumen di Jakarta.

Manajer Umum Pemasaran dan Komunikasi PT MQM, Winnie Irawati Sularto, menjelaskan bahwa pemasangan jaringan kabel optik tidak bisa dilakukan dengan cepat karena mereka harus menunggu birokrasi di pemerintah daerah termasuk izin dari masyarakat sekitar.

Multimedia

Innovate adalah penyedia jasa internet fixed broadband dengan diferensiasi berupa layanan televisi digital serta sambungan telepon tetap. Kabel optik disambungkan ke dalam rumah melalui perangkat bernama optical network terminal (ONT) yang sekaligus berfungsi sebagai router untuk koneksi wi-fi. Menggunakan kabel LAN, ONT tersambung dengan Smart Box yang berfungsi sebagai otak bagi televisi.

Menggunakan sistem operasi Android 4.0.3 atau Ice Cream Sandwich, Smart Box membuat televisi layar datar menjadi smart TV karena pengguna bisa berselancara internet atau menggunakan aplikasi Android seperti Skype, Youtube, atau bahkan membalas surel.

Karena menerima siaran melalui kabel, pengguna Innovate berkesempatan menikmati fitur untuk televisi digital seperti timeshift atau melihat momen atau adegan yang terlewat. Untuk sementara, fitur tersebut baru berlaku untuk tayangan yang berlangsung hingga 24 jam sebelumnya, tidak bisa lebih jauh lagi sampai ada peningkatan fitur.

Untuk layanan telepon, Innovate bekerja sama dengan operator telekomunikasi Smartfren untuk menyediakan nomor telepon sementara koneksi tetap dilakukan menggunakan kabel bukan seluler. Perangkat yang akan dipasang di rumah pengguna adalah telepon dengan kabel tapi menggunakan nomor Smartfren.
    
Salah satu tantangan yang dihadapi oleh Innovate, lanjut Syakieb, adalah masyarakat yang sudah terlanjur berlangganan internet, telepon, dan televisi kepada masing-masing operator. "Tugas kami adalah meyakinkan mereka bahwa semua bisa didapatkan dalam satu paket," ujarnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X