Mulai Jual Tablet, Xiaomi Mau Saingi iPad

Kompas.com - 05/07/2014, 12:10 WIB
Mi Pad, tablet Android buatan Xiaomi yang menjadi pesaing iPad mini Retina Apple The VergeMi Pad, tablet Android buatan Xiaomi yang menjadi pesaing iPad mini Retina Apple
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Setelah menelurkan smartphone Android yang banyak disukai konsumen, Xiaomi mengembangkan bisnisnya dengan meluncurkan perangkat tablet. Tak tanggung-tanggung, Xiaomi menargetkan bisa mengalahkan dominasi Apple iPad.

Xiaomi, vendor Tiongkok yang sukses membuat perangkat smartphone yang banyak digemari konsumen, mulai menjual tablet Androidnya pada 1 Juli lalu di Tiongkok.

Sebelumnya, CEO Xiaomi, Lei Jun pernah mengatakan bahwa Xiaomi tidak akan terjun di pasar tablet sebelum ada ekosistem yang sehat. Namun kini Xiaomi mengambil langkah untuk terjun ke pasar tablet dengan membuat ekosistem tablet Android sendiri.

Dikutip dari Digitimes (3/7/2014), hal tersebut menurut Lei harus dilakukan jika Xiaomi ingin bersaing dengan iPad produksi Apple.

Xiaomi saat ini memiliki lini tablet Mi Pad yang memiliki ukuran layar 7,9 inci dan resolusi 2048 x 1536 pixel, sama dengan spesifikasi tablet iPad mini Retina. Namun Mi Pad dijual lebih murah. Untuk versi 16 GB, harganya berkisar 240 dollar AS di Tiongkok. Mi Pad juga menjadi tablet pertama yang mengusung GPU Nvidia Tegra K1

Lei juga mengatakan bahwa sebenarnya membuat tablet Android itu cukup mudah. Namun menurutnya, satu-satunya penghambat bagi tablet saat ini adalah sedikitnya aplikasi dan game berkualitas yang tersedia dalam platform tablet.

Selain itu, walau banyak vendor yang telah merilis tablet Android di pasar, namun hingga kini tidak ada yang mau membesarkan pasar ekosistem tablet Android.

"Karena itu, Xiaomi memberanikan diri membuat brand tablet sendiri sebagai upaya untuk mendirikan ekosistem baru itu dalam industri," demikian ujar Lei.

Apple memang masih merajai pasar tablet saat ini dengan iPad-nya. Namun dalam hal pendapatan, tablet Android lebih unggul daripada iPad.

Tablet Android lain yang saat ini disebut sebagai pembunuh iPad adalah tablet keluaran Samsung, yaitu Galaxy Tab S 8,4 inci dan Galaxy Tab S 10,5 inci. Soal Galaxy Tab S ini, KompasTekno telah menjajalnya, simak ulasan singkatnya di tautan ini.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Digitimes
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X