Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai Jual Tablet, Xiaomi Mau Saingi iPad

Kompas.com - 05/07/2014, 12:10 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber Digitimes

KOMPAS.com - Setelah menelurkan smartphone Android yang banyak disukai konsumen, Xiaomi mengembangkan bisnisnya dengan meluncurkan perangkat tablet. Tak tanggung-tanggung, Xiaomi menargetkan bisa mengalahkan dominasi Apple iPad.

Xiaomi, vendor Tiongkok yang sukses membuat perangkat smartphone yang banyak digemari konsumen, mulai menjual tablet Androidnya pada 1 Juli lalu di Tiongkok.

Sebelumnya, CEO Xiaomi, Lei Jun pernah mengatakan bahwa Xiaomi tidak akan terjun di pasar tablet sebelum ada ekosistem yang sehat. Namun kini Xiaomi mengambil langkah untuk terjun ke pasar tablet dengan membuat ekosistem tablet Android sendiri.

Dikutip dari Digitimes (3/7/2014), hal tersebut menurut Lei harus dilakukan jika Xiaomi ingin bersaing dengan iPad produksi Apple.

Xiaomi saat ini memiliki lini tablet Mi Pad yang memiliki ukuran layar 7,9 inci dan resolusi 2048 x 1536 pixel, sama dengan spesifikasi tablet iPad mini Retina. Namun Mi Pad dijual lebih murah. Untuk versi 16 GB, harganya berkisar 240 dollar AS di Tiongkok. Mi Pad juga menjadi tablet pertama yang mengusung GPU Nvidia Tegra K1

Lei juga mengatakan bahwa sebenarnya membuat tablet Android itu cukup mudah. Namun menurutnya, satu-satunya penghambat bagi tablet saat ini adalah sedikitnya aplikasi dan game berkualitas yang tersedia dalam platform tablet.

Selain itu, walau banyak vendor yang telah merilis tablet Android di pasar, namun hingga kini tidak ada yang mau membesarkan pasar ekosistem tablet Android.

"Karena itu, Xiaomi memberanikan diri membuat brand tablet sendiri sebagai upaya untuk mendirikan ekosistem baru itu dalam industri," demikian ujar Lei.

Apple memang masih merajai pasar tablet saat ini dengan iPad-nya. Namun dalam hal pendapatan, tablet Android lebih unggul daripada iPad.

Tablet Android lain yang saat ini disebut sebagai pembunuh iPad adalah tablet keluaran Samsung, yaitu Galaxy Tab S 8,4 inci dan Galaxy Tab S 10,5 inci. Soal Galaxy Tab S ini, KompasTekno telah menjajalnya, simak ulasan singkatnya di tautan ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Digitimes
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com