Kompas.com - 07/07/2014, 11:57 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorAditya Panji
KOMPAS.com - Layanan berbagi video YouTube kini turut memerhatikan koneksi internet dari operator telekomunikasi. YouTube akan memberi informasi faktor-faktor yang membuat koneksi internet Anda tidak dapat memutar video dengan lancar.

Jika koneksi internet buruk, kini YouTube akan menampilkan pesan pop-up dalam kotak warna biru muda yang berbunyi: "Experiencing interruptions? Find out why" (Mengalami gangguan? Cari tahu mengapa).

Ketika pengguna mengklik tombol "Find out why," ia akan dibawa pada halaman berjudul Video Quality Report yang menginformasikan tentang kecepatan internet hingga nama operator telekomunikasi yang digunakan.

Nah, kecepatan internet tersebut akan dibandingkan dengan kebutuhan untuk memutar video definisi tinggi (HD Verified) untuk resolusi minimum 720p, definisi standar (Standard Definition) yaitu resolusi 360p, dan definisi rendah (Lower Definition) untuk resolusi di bawah 360p.

Jika sudah mengetahui koneksinya sedang tidak baik, pengguna diharapkan dapat memilih resolusi video yang sesuai dengan kecepatan internetnya.

"Ingatlah bahwa peringkat ini fokus pada semua pengguna di jaringan milik penyedia jasa internet di suatu wilayah, bukan koneksi Anda sendiri," tulis YouTube dalam pengumuman resmi.

Langkah ini diambil Google selaku pengelola YouTube, karena mereka tidak mau disalahkan jika video tidak berjaan dengan mulus. Padahal, kendala tersebut berasal dari koneksi internet yang lambat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.