Kompas.com - 08/07/2014, 07:54 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
Tombol fisik dan softbutton Galaxy S5 diuji daya tahannya dengan mesin yang menekan tombol-tombol tersebut berulang kali

KOMPAS.com - Garong masa kini bukan cuma menyasar toko retail, melainkan juga langsung ke tempat produksi barang di pabrik. Kejadian inilah yang dilaporkan menimpa Samsung di Sao Paulo, Brazil.

Business Insider mengabarkan bahwa sebuah kawanan perampok beranggotakan sekitar 20 orang menyatroni fasilitas Samsung tersebut dan berhasil menggasak smartphone, tablet, dan notebook senilai 36 juta dollar AS atau sekitar Rp 422,7 miliar.

Semuanya diangkut menggunakan tujuh buah truk yang disiapkan di lokasi kejadian.

Para kriminal yang disebut melengkapi diri dengan senapan mesin ini menyatroni pabrik di tengah-tengah shift malam karyawan. Mereka mencuri ID tag untuk menyamar sebagai pekerja.

Kawanan perampok kemudian masuk pabrik dan menyandera sebagian karyawan. Pegawai-pegawai lain yang tidak disandera disuruh bekerja seperti biasa selagi para garong menaikkan hasil jarahan ke truk. Total selama tiga jam kawanan perampok melakukan aksinya.

“Kami sangat prihatin dengan insiden ini,” tulis Samsung dalam sebuah pernyataan. “Untungnya tak seorangpun yang terluka.”

Samsung menyatakan sedang bekerjasama dengan polisi dalam penyelidikan kasus tersebut. Diduga ada pelaku yang berasal dari orang dalam karena para perampok bisa mendapatkan akses dengan mudah, di samping mengenal tata ruangan pabrik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.