Pembobol Ratusan Ribu Kartu Kredit Ditangkap

Kompas.com - 08/07/2014, 13:18 WIB
hackronomicon.com
Ilustrasi pencurian data di Internet
KOMPAS.com - Aparat keamanan Amerika Serikat (AS) telah menahan seorang pria Rusia karena dituduh meretas sistem komputer perusahaan retail untuk mencuri data kartu kredit sejak tahun 2009 hingga 2011, Senin (7/7/2014).
 
Departemen Keamanan Dalam Negeri AS, mengungkapkan, pria tersebut bernama Valerevich Seleznev dan berusia 30 tahun. 
 
Menteri Keamanan Dalam Negeri AS, Jeh Johnson, mengatakan penangkapan ini merupakan pesan jelas bahwa kejahatan terorganisir dalam dunia siber akan tetap dilacak oleh penegak hukum. "Departemen ini akan terus membongkar organisasi kriminal yang canggih," kata Johnson seperti dikutip dari Reuters.
 
Seleznev didakwa di negara bagian Washington pada Maret 2011 atas tuduhan penipuan bank, menyebabkan kerusakan sistem komputer yang dilindungi, memperoleh informasi dari komputer yang dilindungi dan pencurian identitas.
 
Dalam surat dakwaan disebut, bahwa Seleznev meretas sebuah situs web perusahaan restoran waralaba Schlotzsky's dan banyak perusahaan restoran kecil serta sejumlah tempat hiburan.

Seleznev dituding mencuri data 32.000 kartu kredit di Seattle, Desember 2009 sampai Oktober 2010. Ia juga dituding mencuri 200.000-an data kartu kredit dan menjual 140.000-an di situs-situs bawah tanah.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


EditorWicak Hidayat
SumberReuters
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X