Pembobol Ratusan Ribu Kartu Kredit Ditangkap

Kompas.com - 08/07/2014, 13:18 WIB
Penulis Aditya Panji
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Aparat keamanan Amerika Serikat (AS) telah menahan seorang pria Rusia karena dituduh meretas sistem komputer perusahaan retail untuk mencuri data kartu kredit sejak tahun 2009 hingga 2011, Senin (7/7/2014).
 
Departemen Keamanan Dalam Negeri AS, mengungkapkan, pria tersebut bernama Valerevich Seleznev dan berusia 30 tahun. 
 
Menteri Keamanan Dalam Negeri AS, Jeh Johnson, mengatakan penangkapan ini merupakan pesan jelas bahwa kejahatan terorganisir dalam dunia siber akan tetap dilacak oleh penegak hukum. "Departemen ini akan terus membongkar organisasi kriminal yang canggih," kata Johnson seperti dikutip dari Reuters.
 
Seleznev didakwa di negara bagian Washington pada Maret 2011 atas tuduhan penipuan bank, menyebabkan kerusakan sistem komputer yang dilindungi, memperoleh informasi dari komputer yang dilindungi dan pencurian identitas.
 
Dalam surat dakwaan disebut, bahwa Seleznev meretas sebuah situs web perusahaan restoran waralaba Schlotzsky's dan banyak perusahaan restoran kecil serta sejumlah tempat hiburan.

Seleznev dituding mencuri data 32.000 kartu kredit di Seattle, Desember 2009 sampai Oktober 2010. Ia juga dituding mencuri 200.000-an data kartu kredit dan menjual 140.000-an di situs-situs bawah tanah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Reuters


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.