Sambut Pilpres, Google pun "Merah Putih"

Kompas.com - 09/07/2014, 05:20 WIB
Doodle bertema Pilpres 2014 dari Google GoogleDoodle bertema Pilpres 2014 dari Google
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
Doodle bertema Pilpres 2014 dari Google

KOMPAS.com - Rangkaian huruf-hurufnya berwarna merah putih, disusun membentuk kelokan dengan gambar kotak suara di pojokan mengganti karakter “g” kedua.

Ada pula animasi pencoblosan surat suara yang melayang masuk ke dalam kotak. Nama “Indonesia’s Presidential Election Day 2014” terpampang begitu kursor dilayangkan di atasnya.

Itulah doodle bertema pemilihan umum presiden (Pilpres) 2014 yang akan menyambut pengguna internet Tanah Air ketika mengakses situs utama Google hari ini, 9 Juli 2014.

Desainnya mirip dengan doodle serupa bertema pemilihan parlemen Uni Eropa, seperti bisa dilihat dalam gambar di bawah. Hanya saja, warna dan bentuk sedikit diubah.

Doodle Pilpres Indonesia tersebut muncul tengah malam pada awal hari pencoblosan calon presiden dan wakil presiden, setelah didahului dengan doodle bertema pertandingan piala dunia sepakbola antara Jerman dan Brazil.

Saat doodle di-klik, Google akan menampilkan hasil pencarian internet sesuai dengan tema Pilpres 2014. Hasil pencarian tergantung dari bahasa yang dipilih, bisa berasal dari sumber tautan berbahasa Inggris atau Indonesia.

Raksasa internet ini sudah beberapa kali membuat doodle dengan tema menyangkut Indonesia, termasuk untuk merayakan hari kemerdekaan 17 Agustus secara rutin tiap tahun sejak 2009. Daftar doodle selengkapnya bisa dilihat di tautan berikut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Google
Doodle pemilihan parlemen Uni Eropa 2014 dari Google



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.