Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kekalahan Brasil Jadi Bahan Canda Pilpres

Kompas.com - 09/07/2014, 09:02 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com — Media sosial jadi ajang penyebaran bermacam informasi, mulai dari informasi yang negatif sampai yang penuh canda. Jelang hari Pemilihan Umum Presiden RI, 9 Juli 2014, kekalahan tragis Brasil dari Jerman di Piala Dunia 2014 pun jadi bahan canda.

Bagi mereka yang mendukung Jokowi-JK, kemenangan Jerman 7-1 lawan Brasil dijadikan bahan canda kemenangan Jokowi. Misalnya, huruf J (dari Jokowi dan Jerman) dan B (dari Brasil dan Bowo) dianggap pertanda siapa yang bakal memenangi Pilpres. Atau, angka 7 dan 1 dipelesetkan ke nama Jokowi jadi 7okow1.

Sedangkan bagi pendukung Prabowo-Hatta, angka 7 dan 1 dianggap sebagai "pertanda" bahwa Presiden ke-7 adalah calon nomor 1. Seperti yang diucapkan oleh politisi Demokrat pendukung Prabowo-Hatta, Marzuki Alie.

via Twitter Gambar Jokowi dan Prabowo Subianto dalam kostum tim nasional Jerman dan Brasil yang beredar di media sosial.

Tak urung, gambar-gambar yang mengaitkan dua peristiwa yang tidak berkaitan itu pun beredar. Terutama yang menampilkan gambar Jokowi versus Prabowo dalam seragam kostum tim nasional, kemungkinan besar hasil olahan digital.

Pada hari pilpres, sebagian orang memang dilanda suasana tegang, terutama mereka yang harap-harap cemas apakah "jagoan"-nya akan menang dalam pesta demokrasi kali ini.

Hal-hal seperti ini patut diapresiasi untuk meredakan ketegangan. Daripada menyebarkan informasi negatif, lebih baik kita tersenyum.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com