Kompas.com - 09/07/2014, 09:02 WIB
Para pemain Jerman (tengah) merayakan kemenangan usai membobol gawang Brasil dalam laga semifinal Piala Dunia 2014 di Mineirao Stadium, Belo Horizonte, Brasil, 8 Juli 2014. Brasil harus mengakui keunggulan Jerman dengan skor akhir 7-1. AFP PHOTO / ADRIAN DENNISPara pemain Jerman (tengah) merayakan kemenangan usai membobol gawang Brasil dalam laga semifinal Piala Dunia 2014 di Mineirao Stadium, Belo Horizonte, Brasil, 8 Juli 2014. Brasil harus mengakui keunggulan Jerman dengan skor akhir 7-1.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com — Media sosial jadi ajang penyebaran bermacam informasi, mulai dari informasi yang negatif sampai yang penuh canda. Jelang hari Pemilihan Umum Presiden RI, 9 Juli 2014, kekalahan tragis Brasil dari Jerman di Piala Dunia 2014 pun jadi bahan canda.

Bagi mereka yang mendukung Jokowi-JK, kemenangan Jerman 7-1 lawan Brasil dijadikan bahan canda kemenangan Jokowi. Misalnya, huruf J (dari Jokowi dan Jerman) dan B (dari Brasil dan Bowo) dianggap pertanda siapa yang bakal memenangi Pilpres. Atau, angka 7 dan 1 dipelesetkan ke nama Jokowi jadi 7okow1.

Sedangkan bagi pendukung Prabowo-Hatta, angka 7 dan 1 dianggap sebagai "pertanda" bahwa Presiden ke-7 adalah calon nomor 1. Seperti yang diucapkan oleh politisi Demokrat pendukung Prabowo-Hatta, Marzuki Alie.

via Twitter Gambar Jokowi dan Prabowo Subianto dalam kostum tim nasional Jerman dan Brasil yang beredar di media sosial.

Tak urung, gambar-gambar yang mengaitkan dua peristiwa yang tidak berkaitan itu pun beredar. Terutama yang menampilkan gambar Jokowi versus Prabowo dalam seragam kostum tim nasional, kemungkinan besar hasil olahan digital.

Pada hari pilpres, sebagian orang memang dilanda suasana tegang, terutama mereka yang harap-harap cemas apakah "jagoan"-nya akan menang dalam pesta demokrasi kali ini.

Hal-hal seperti ini patut diapresiasi untuk meredakan ketegangan. Daripada menyebarkan informasi negatif, lebih baik kita tersenyum.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.