Survei Exit-Poll Pilpres Juga Ada di Facebook

Kompas.com - 09/07/2014, 12:30 WIB
TadiCoblosSiapa.com TadiCoblosSiapa.comTadiCoblosSiapa.com
Penulis Aditya Panji
|
EditorWicak Hidayat
JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah lembaga penelitian menggelar survei dengan metode exit poll untuk mengetahui suara masyarakat dalam Pemilihan Umum Presiden RI 2014, Rabu (9/7/2014). Selain exit poll secara tatap muka, ada pula pihak yang menggelar exit-poll secara online.

Situs web yang menyediakan exit poll secara online itu beralamat TadiCoblosSiapa.com. Layanan ini memanfaatkan aplikasi Facebook untuk menggelar survei.

Exit poll merupakan metode survei yang dilakukan dengan cara menanyakan pemilih setelah mereka keluar dari Tempat Pemungutan Suara (TPS). Exit poll menjadikan pemilih yang baru keluar TPS sebagai responden. Nah, survei yang dilakukan oleh TadiCoblosSiapa.com ini melakukannya secara online.

Untuk mengikuti survei ini, pengguna terlebih dahulu harus melakukan log-in Facebook dan menyukai laman TadiCoblosSiapa.com.

Setelah itu, baru lah pengguna dapat mengisi calon presiden dan calon wakil presiden mana yang dipilih. Survei ini juga menanyakan soal harapan Anda untuk kinerja pemerintah di masa depan.

Nah, data hasil exit poll dapat dilihat pada linimassa TadiCoblosSiapa.com. Contohnya, hingga pukul 10 pagi, sebesar 50 persen responden yang mengikuti survei ini berusia sekitar 23 sampai 35 tahun. Mereka berharap Presiden dapat memprioritaskan tugas pemberantasan korupsi dan menciptakan pemerintahan yang bersih dan transparan.

Selain itu, sebesar 26 persen responden yang ikut survei ini sebelumnya memilih Golput pada Pemilu Presiden Tahun 2009. Hal ini memberi gambaran bahwa mereka yang Golput pada Pemilu Presiden 2009 ternyata banyak yang berpartisipasi pada Pemilu Presiden 2014 ini.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X