Capres Mana yang Unggul di Twitter?

Kompas.com - 09/07/2014, 14:05 WIB
Trending topic Twitter di kawasan Indonesia dan dunia hingga pukul 13.38 WIB pada Rabu (9/7/2014) TwitterTrending topic Twitter di kawasan Indonesia dan dunia hingga pukul 13.38 WIB pada Rabu (9/7/2014)
Penulis Aditya Panji
|
EditorWicak Hidayat

JAKARTA, KOMPAS.com
- Rakyat Indonesia hari ini (9/7/2014) merayakan pesta demokrasi dengan memilih calon presiden dan wakil presiden periode 2014-2019. Usai mencoblos, tak sedikit pendukung masing-masing calon presiden yang mengungkap pilihannya di media sosial Twitter.

Pendukung pasangan Joko Widodo dan Jusuf Kalla, nampaknya lebih aktif di media sosial Twitter. Hal ini terlihat dari tanda pagar #Rame2Celup2Jari yang berhasil menjadi topik paling ramai dibicarakan ( trending topic) di kawasan Indonesia dan dunia.

Pendukung pasangan Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa pun tak mau kalah, mereka berkicau diserta tanda pagar #SudahCoblosPeciPrabowo. Tanda pagar ini berada di peringkat kedua trending topic di Indonesia dan dunia.

Di peringkat ketiga, ada tanda pagar #VoteJokowiForPresident yang jelas berasal dari kicauan pendukung Joko Widodo dan Jusuf Kalla.

Media sosial selama ini juga dijadikan tempat kampanye bagi kedua calon presiden. Namun, para pendukung Jokowi terlihat lebih mendominasi di media sosial ketimbang pendukung Prabowo.

Hal ini terlihat dari lebih seringnya tanda pagar yang berkaitan dengan Jokowi menjadi trending topic di Indonesia, bahkan dunia. Pada Selasa (8/7/2014), tanda pagar #KeepCalmAndVoteJokowi menduduki trending topic kedua di Indonesia dan kelima di dunia.

Di hari yang sama, dukungan sejumlah musisi internasional terhadap Jokowi juga sempat menarik perhatian pengguna media sosial. Publikasi dukungan dari Arkarna dan Jason Mraz di Twitter, serta Sting di Facebook, berhasil mendapatkan ribuan kali retweet dan share dari penggemar.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X