Kompas.com - 10/07/2014, 09:25 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Seri ponsel pintar Lumia dari Nokia selalu menggunakan sistem operasi Windows Phone besutan Microsoft. Namun, nantinya bisa jadi smartphone Lumia bakal turut mengadopsi OS Android yang selama ini menjadi kompetitor Windows Phone.

Kabar tersebut muncul lewat sebuah tweet dari @evleaks yang dikutip oleh Cnet. Dalam kicauannya, @evleaks menyebutkan bahwa ponsel Lumia berbasis Android itu akan ditempeli brand "Nokia by Microsoft".

Boleh jadi, "Nokia by Microsoft" adalah nama sementara dalam masa peralihan brand dari Nokia ke Microsoft. Merek tersebut juga sempat muncul dalam sebuah bocoran foto Lumia 830.

Divisi handset Nokia memang diakuisisi oleh Microsoft seharga 7,2 miliar dollar AS pada April 2014.

Masih belum jelas apakah ponsel Lumia berbasis Android tersebut bakal dibekali dengan OS Android versi penuh atau hasil modifikasi seperti Nokia X.

Nokia X, perangkat berbasis Android pertama Nokia, diperkenalkan pada awal 2014. Lini produknya mencakup 3 model, yaitu Nokia X, X+, dan XL, serta sebuah model ekonomis bernama Nokia X2 yang baru diperkenalkan.

Seri Nokia X dimaksudkan sebagai "feeder" untuk menarik konsumen ke ponsel Lumia yang diposisikan lebih tinggi.

Apabila nantinya benar-benar terwujud, Microsoft diperkirakan bakal menjejali Lumia Android itu dengan aneka macam layanannya, seperti Bing, OneDrive, OneNote, dan lain-lain.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber CNET
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.