Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lumia Berikutnya Berbasis Android?

Kompas.com - 10/07/2014, 09:25 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber CNET

KOMPAS.com - Seri ponsel pintar Lumia dari Nokia selalu menggunakan sistem operasi Windows Phone besutan Microsoft. Namun, nantinya bisa jadi smartphone Lumia bakal turut mengadopsi OS Android yang selama ini menjadi kompetitor Windows Phone.

Kabar tersebut muncul lewat sebuah tweet dari @evleaks yang dikutip oleh Cnet. Dalam kicauannya, @evleaks menyebutkan bahwa ponsel Lumia berbasis Android itu akan ditempeli brand "Nokia by Microsoft".

Boleh jadi, "Nokia by Microsoft" adalah nama sementara dalam masa peralihan brand dari Nokia ke Microsoft. Merek tersebut juga sempat muncul dalam sebuah bocoran foto Lumia 830.

Divisi handset Nokia memang diakuisisi oleh Microsoft seharga 7,2 miliar dollar AS pada April 2014.

Masih belum jelas apakah ponsel Lumia berbasis Android tersebut bakal dibekali dengan OS Android versi penuh atau hasil modifikasi seperti Nokia X.

Nokia X, perangkat berbasis Android pertama Nokia, diperkenalkan pada awal 2014. Lini produknya mencakup 3 model, yaitu Nokia X, X+, dan XL, serta sebuah model ekonomis bernama Nokia X2 yang baru diperkenalkan.

Seri Nokia X dimaksudkan sebagai "feeder" untuk menarik konsumen ke ponsel Lumia yang diposisikan lebih tinggi.

Apabila nantinya benar-benar terwujud, Microsoft diperkirakan bakal menjejali Lumia Android itu dengan aneka macam layanannya, seperti Bing, OneDrive, OneNote, dan lain-lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com