Google Maps Versi Desktop Ada Penggarisnya

Kompas.com - 10/07/2014, 14:05 WIB
Google Maps Distance untuk mengukur jarak antara dua titik di peta GoogleGoogle Maps Distance untuk mengukur jarak antara dua titik di peta
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Google memberikan penambahan fitur baru dalam layanan petanya, Google Maps versi desktop. Fitur baru tersebut memungkinkan penggunanya mengukur jarak antara kedua titik atau lebih.

Google merilis fitur pengukur jarak tersebut pada Rabu (9/7/2014), dan menurut halaman resmi Google Plus-nya, fitur tersebut ditujukan untuk pehobi sepeda, lari, atau mereka yang suka berjalan kaki dan membutuhkan kalkulasi jarak yang akan ditempuh.

Untuk mengaktifkan fitur ini, pengguna cukup mengakses halaman web Google Maps dan klik kanan dengan mouse di peta. Menu baru akan muncul yang salah satunya adalah "measure distance."

Setelah itu, klik kiri mouse dari satu titik ke titik berikutnya yang ingin dihitung jaraknya. Titik-titik tersebut akan dihubungkan dengan penggaris yang menampilkan ukuran jarak. Titik baru yang dibuat akan otomatis terhubung dan menambah total jarak.

Pengguna juga bisa mengubah-ubah posisi titik di peta. Pengukuran jaraknya pun secara otomatis akan menyesuaikan.

Berbeda dengan fitur GPS dalam versi mobile, jarak yang ditampilkan dalam desktop adalah jarak antar dua titik dalam garis lurus. Sementara dalam mode GPS mobile, Google Maps memberikan estimasi jarak jalan yang ditempuh.

Update terbaru ini hanya berlaku untuk Google Maps versi desktop saja. Belum ada kepastian apakah fitur tersebut juga akan ditambahkan dalam aplikasi Google Maps di Android dan iOS atau tidak.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X