Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Layar BlackBerry Passport Diibaratkan “IMAX”

Kompas.com - 11/07/2014, 12:20 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber PC World

KOMPAS.com - Ponsel BlackBerry Passport memiliki layar 4,5 inci (1440x1440) berbentuk persegi dengan aspect ratio 1:1 yang tampak aneh di antara produk ponsel touchscreen lain yang rata-rata mengusung layar persegi panjang (16:9).

Mengapa BlackBerry menanam layar berbentuk kotak tersebut? Pabrikan asal Kanada ini menjabarkan alasannya dalam sebuah posting blog yang dikutip oleh PC World.

“Bioskop IMAX mulai dengan aspect ratio 16:9, kemudian proyeksi layarnya diperbesar ke ukuran aslinya dan penonton berkata ‘ooh’,” kata blogger BlackBerry Matt Young dalam posting tersebut.

Young pun mengatakan bahwa Blackberry Passport tak ubahnya bioskop IMAX untuk urusan produktivitas. “Anda tak harus mengorbankan bidang layar baik secara horizontal ataupun vertikal,” lanjutnya lagi.

Menurut Young, layar kotak 4,5 inci BlackBerry Passport menawarkan bidang pandang setara dengan ponsel 5 inci karena bentuknya yang melebar ke samping dibandingkan smartphone touchscreen pada umumnya.

Dia juga menjelaskan BlackBerry Passport mampu menampilkan sebanyak 60 karakter dalam satu baris di layar, hampir sama dengan rata-rata baris dalam buku yang memuat 66 karakter.

Jumlah tersebut lebih banyak dari smartphone berbentuk persegi panjang yang hanya mampu menampilkan 40 karakter dalam satu baris.

Di samping display kotak yang membuatnya lebih lebar dibandingkan smartphone lain itu, BlackBerry Passport juga dibekali dengan deretan keyboard QWERTY yang ditempatkan pada ruang sempit di bawah layar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber PC World
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com