Kompas.com - 11/07/2014, 17:05 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
Motorola Moto 360, produk jam tangan pintar yang berjalan dengan sistem operasi Android Wear buatan Google. Sistem operasi tersebut didesain khusus untuk perangkat pintar yang bisa dipakai di tubuh manusia (wearable device).

KOMPAS.com - Google terus menerus memperbarui aplikasi Camera untuk smartphone Android, termasuk dalam hal integrasi dengan jam tangan pintar berbasis sistem operasi Android Wear.

Phone Arena melaporkan bahwa dalam update terakhir (versi 2.3), aplikasi Camera kini memiliki kapabilitas remote shutter alias pengambilan gambar dengan memakai Android Wear pada smartwatch.

Untuk memakainya cukup dengan membuka aplikasi Camera pada smartphone atau tablet yang terhubung dengan wearable device Android wear. Jam tangan pintar secara otomatis akan menampilkan card baru untuk keperluan remote capture.

Android Police
Remote shutter pada Android Wear

Bentuknya berupa sebuah tombol besar berwarna biru yang bisa langsung disentuh untuk melakukan pengambilan gambar. Begitu diaktifkan, kamera akan melakukan hitung mundur selama 3 detik, lalu menampilkan hasil foto di layar jam.

Di samping itu Google juga turut menambahkan interface baru untuk mengambil foto panorama pada Camera, berikut menu help di dalam aplikasi.

Sayang, kemampuan remote shutter tersebut hanya berlaku untuk aplikasi Camera saja dan tidak bisa diakses lewat aplikasi fotografi lain.

Jam tangan Android Wear sendiri hanya bisa dipasangkan dengan perangkat Android berbasis sistem operasi Android 4.3 Jelly Bean dan Android 4.4 Kitkat yang baru dipakai oleh 27 persen device Android yang beredar saat ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.