Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peluncuran Smartphone Tizen Kembali Tertunda

Kompas.com - 12/07/2014, 13:08 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber The Verge
Samsung Z, ponsel pintar pertama dengan OS Tizen

KOMPAS.com - Smartphone Tizen OS pertama, Samsung Z sedianya akan diluncurkan minggu ini di Moskow, Rusia, dalam sebuah konferensi developer. Namun sayangnya, Samsung harus menunda peluncuran tersebut hingga waktu yang belum ditentukan.

Tizen OS adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Samsung selain memproduksi smartphone Android. Dalam sebuah pernyataan, seperti diberitakan The Verge (11/7/2014), walau batal diluncurkan, namun Samsung tetap melanjutkan proyek Tizen OS tersebut.

Samsung bekerjasama dengan konsorsium Tizen Association, yang anggotanya antara lain adalah LG, Fujitsu, Huawei, dan Intel, untuk mengembangkan Tizen OS berikut ekosistemnya.

Penundaan ini bukan yang pertama kali. Samsung sebelumnya berencana merilis smartphone Tizen di Jepang tahun lalu. Namun setelah mempelajari kondisi pasar yang belum siap, peluncuran itu urung dilakukan.

Tahun ini, Samsung fokus menggarap pasar potensial untuk smartphone Tizen OS, salah satunya adalah Rusia, di mana Tizen tadinya dijadwalkan muncul bulan Juni ini.

Samsung tidak menjelaskan alasan di balik penundaan tersebut. The Verge menyebutkan kemungkinan bahwa Samsung merasa pengalaman penggunaan smartphone Tizen belum sekompetitif smartphone-smartphone yang beredar saat ini.

Jika Samsung tidak bisa melakukan perubahan drastis, daya terima konsumen yang rendah terhadap smartphone Tizen OS seperti yang terjadi di Jepang ditakutkan akan menjadi fenomena global.

Selain menanam sistem operasi Tizen OS di smartphone, Samsung juga menggunakannya di sejumlah perangkat wearable device, seperti smartwatch.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com