Kompas.com - 12/07/2014, 13:08 WIB
|
EditorOik Yusuf
Samsung Z, ponsel pintar pertama dengan OS Tizen

KOMPAS.com - Smartphone Tizen OS pertama, Samsung Z sedianya akan diluncurkan minggu ini di Moskow, Rusia, dalam sebuah konferensi developer. Namun sayangnya, Samsung harus menunda peluncuran tersebut hingga waktu yang belum ditentukan.

Tizen OS adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Samsung selain memproduksi smartphone Android. Dalam sebuah pernyataan, seperti diberitakan The Verge (11/7/2014), walau batal diluncurkan, namun Samsung tetap melanjutkan proyek Tizen OS tersebut.

Samsung bekerjasama dengan konsorsium Tizen Association, yang anggotanya antara lain adalah LG, Fujitsu, Huawei, dan Intel, untuk mengembangkan Tizen OS berikut ekosistemnya.

Penundaan ini bukan yang pertama kali. Samsung sebelumnya berencana merilis smartphone Tizen di Jepang tahun lalu. Namun setelah mempelajari kondisi pasar yang belum siap, peluncuran itu urung dilakukan.

Tahun ini, Samsung fokus menggarap pasar potensial untuk smartphone Tizen OS, salah satunya adalah Rusia, di mana Tizen tadinya dijadwalkan muncul bulan Juni ini.

Samsung tidak menjelaskan alasan di balik penundaan tersebut. The Verge menyebutkan kemungkinan bahwa Samsung merasa pengalaman penggunaan smartphone Tizen belum sekompetitif smartphone-smartphone yang beredar saat ini.

Jika Samsung tidak bisa melakukan perubahan drastis, daya terima konsumen yang rendah terhadap smartphone Tizen OS seperti yang terjadi di Jepang ditakutkan akan menjadi fenomena global.

Selain menanam sistem operasi Tizen OS di smartphone, Samsung juga menggunakannya di sejumlah perangkat wearable device, seperti smartwatch.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.