Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Skor Final Piala Dunia "Bocor" di Twitter?

Kompas.com - 14/07/2014, 11:30 WIB
KOMPAS.com — Sebuah akun Twitter bernama "Fifa Corruption" berhasil mencuri perhatian karena dengan tepat memperkirakan hasil dari Final Piala Dunia antara Jerman dan Argentina.

Tidak cuma itu, akun @FifNdhs ini dengan tepat menuliskan detail dari laga final tersebut, mulai dari skor (1-0), waktu terciptanya gol (extra time babak kedua), serta pencetak gol (Mario Goetze). Semua perkiraan itu di-tweet pukul 10.00 Minggu malam, atau empat jam sebelum laga final dimulai.

Uniknya lagi, tweet pertama dari akun tersebut berbunyi "Prove FIFA is corrupt". Organisasi tertinggi dunia tersebut selama ini memang sering didera masalah korupsi akibat kasus suap yang melibatkan beberapa anggota pentingnya.

Apakah akurasi tebakan @FifNdhs membuktikan FIFA memang korup dan mengatur hasil akhir Piala Dunia? Weits, jangan tertipu.

Sebenarnya itu hanya akal-akalan semata. Yang terjadi adalah, @FifNdhs hanya menuliskan semua kemungkinan dari pertandingan final tersebut. Ia kemudian menghapus semua tebakan yang salah sesuai hasil pertandingan.

Jadi, ketika Anda saat ini mengunjungi halaman @Fifndhs, yang tersisa hanyalah tebakan yang benar.

Akal-akalan itu ada buktinya. Seorang pengguna Twitter bernama Suresh Nakhua telah meng-capture semua tweet dari @Fifndhs. Dari capture gambar tersebut, terlihat @Fifndhs menuliskan semua kemungkinan yang terjadi, termasuk Argentina menang saat adu pinalti.

Suresh Nakhua
Suresh Nakhua melakukan screenshot tweet yang menampilkan berbagai kemungkinan hasil akhir final Piala Dunia 2014, termasuk kemenangan Argentina.

Ada-ada saja ya?

Artikel ini sebelumnya telah dimuat di pcplus.co.id.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com