Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelecehan Seksual, Eksekutif Yahoo Digugat

Kompas.com - 15/07/2014, 08:02 WIB
Aditya Panji

Penulis

Sumber Reuters
KOMPAS.com - Eksekutif perempuan di Yahoo bernama Maria Zhang, yang menjabat sebagai direktur senior teknik mobile, digugat oleh mantan bawahannya dengan tuduhan pelecehan seksual dan pemberhentian kerja yang melanggar undang-undang.

Gugatan ini diajukan di Pengadilan San Clara, San Jose, California, pada pekan lalu. Pihak penggugatnya bernama Nan Shi, yang sebelumnya bekerja sebagai pemrogram peranti lunak di Yahoo hingga akhir 2013.

Gugatan Shi menuduh Zhang berhubungan dengannya dalam beberapa kesempatan di Sunnyvale, California, dan ia dijanjikan akan memiliki "masa depan yang cerah" di Yahoo jika berhubungan seks dengan Zhang.

Gugatan itu juga membawa nama Yahoo sebagai tergugat.

Juru bicara Yahoo mengatakan, tuduhan Shi terhadap Zhang itu tidak berdasar. "Maria adalah seorang eksekutif Yahoo teladan dan kami berniat untuk berjuang keras membersihkan namanya," kata juru bicara Yahoo seperti dikutip dari Reuters.

Zhang adalah pendiri perusahaan peranti lunak mobile bernama Alike yang diakuisisi oleh Yahoo pada tahun 2013. Ia sempat bekerja di Microsoft dan Zillow sebelum bergabung dengan Yahoo, sebagaimana tercatat di profil LinkedIn.

Selain soal pelecehan seksual, Shi juga menuduh Zhang tidak adil dalam memberikan penilaian kinerjanya pada kuartal kedua dan ketiga tahun 2013.

Dalam gugatan itu disebutkan divisi sumber daya manusia di Yahoo tidak mau melakukan investigasi ketika Shi mengeluh tentang perlakuan atasannya. Sebaliknya, Shi malah tidak dibayar saat mengambil cuti dan Yahoo memilih untuk memberhentikannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com